Yang Sebaiknya Adik Lakukan Kalo Bestie Lagi Curcol

05 Oct 2022

Adik pasti punya sahabat atau temen nongkrong. Walaupun cuman satu atau dua orang mah pasti adalah yang jadi tempat adik cerita. Apalagi hal yang enggak bisa diceritain ke keluarga. Tapi biarpun temen atau sahabat, ada baiknya hal kek gini jangan dilakukan, dik. 


Jangan Kasih Opini Kalau Nggak Diminta. Kalau enggak dimintain saran udah diem aja, berarti mereka cuma pengen didengerin sama adik. Jangan jadi kayak netizen julid yang suka jbjb. Adik bisa simpatik sama ceritanya mereka. Beberapa orang tuh suka banget ngasih saran padahal gak diminta, jangan kaya gitu ya, dik. Jangan tiba-tiba adik ujug-ujug bilang “kalo menurut gue ya”. Karena belom tentu dia butuh opini. Nanti kalo digas balik adik malah baper. Tapi pas teman adik minta saran, adik bisa kasih saran yang kira-kira sesuai tanpa menghakimi dia.


Jangan Motong Omongannya. Anggep ini kayak diskusi, jadi kudu dengerin sampe kelar. Nanti kalo udah kelar baru nanya. Yang ada dia lupa-lupa kalo dipotong. Apalagi kalau ceritanya serius, bisa kena marah nanti. Ibarat kalau makan kulit ayam, tapi diambil orang. Kalo cerita kan apalagi curhat pasti panjang. Misalnya lagi enak-enak ceritain latar belakangnya terus dipotong kan bete. Apalagi kalo dipotong sama pertanyaan “Masa iya kayak gitu?” atau adik nggak dengerin ceritanya. 


Jangan Ngelawak di Saat yang Tidak Tepat. Meskipun niatnya ngehibur, jangan suka ngelawak di saat yang tidak tepat. Belum tentu juga dia bisa terima. Adik harus bisa baca situasi. Kalo sekiranya butuh ngeluarin jokes untuk lighten up the mood baru adik bisa keluarkan kemampuan terbaik. Ya pokoknya, yang penting lakukan hal yang bisa ngehibur dia, yaitu dengan dengerin ceritanya dengan baik. Jangan tiba-tiba masukin plesetan enggak jelas.


Jangan Bandingin Sama Orang Lain. Ini berlaku buat banyak keadaan dik. Enggak ada yang suka dibandingin. Apalagi kalau lagi ngeluh malah dibandingin dan dianggap lemah. Justru adik harus jadi batu sandarannya dia. Selalu kasih semangat biar dia nggak putus asa. Tapi tetep kasih saran yang rasional kalau dia minta saran. Yang paling utama hindarin bilang, “Ya itu sih belom seberapa dibanding gue”. Mantap. Adu nasib. Soalnya nggak ada yang nanya perasaan adik juga. Kalo enggak bisa simpatik, mending jangan keluarin kata-kata yang bisa bikin temen adik tersinggung.


Masih banyak hal lainnya yang sebaiknya jangan adik-adik lakukan kalau temen lagi cerita. Yang pasti, kalau temen lagi cerita tetep aja jadi pendengar yang baik. Karena kebanyakan orang yang bercerita hanya ingin didengarkan.

 

Ditulis oleh:
Tiffon
05 Oct 2022
Dilihat :
40

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait