Adab Kepada Lingkungan Ketika Bapak Memulai Bangun Rumah

Bacaan 2 menit

Mempunyai rumah adalah salah satu hal yang mungkin bapak idamkan. Entah itu bapak beli atau membangun sendiri, rumah adalah salah satu hal yang sangat krusial dalam hidup. Ketika bapak mau membangun rumah, ada beberapa adab yang kudu Bapak lakuin nih.

1. Bangun komunikasi dengan tetangga bapak

Sampaikan bahwa bapak akan segera memulai proyek pembangunan rumah bapak. Soalnya selama bapak ngebangun rumah, bakal banyak ketidaknyamanan buat tetangga bapak. Misalnya suara bising atau lingkungan yang jadi agak kotor. Bapak harus selalu bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin timbul pada rumah tetangga bapak. Nah, bapak bisa beresin  dengan meminta bantuan tukang bapak. Biasanya sih, kalau lagi berkunjung gini, kaga lupa dibawain kue pak, biar mereka juga hepi.

2. Menemui pengelola lingkungan atau RT

Bukan semata-mata buat minta izin aja nih pak. Kadang di lingkungan tertentu ada aturan2 khusus, kaya truk material boleh masuk kompleks atau engga, ada atau tidak iuran ke lingkungan yang perlu bapak bayar sebelum ngebangun. Hal-hal kaya gini perlu juga bapak perhatiin dan masukin ke budget bapak. Selain karena bapak pendatang baru, keputusan bersama warga harus dihormati.

3. Siapkan manajemen sampah yang baik

Gak semua lingkungan ada tempat untuk nimbun sampah sebelum dibuang. Apalagi diligkungan yang udah mulai padet penduduk. Jangan sampai sampah pembangunan kaya: kayu bekas bekisting, potongan bambu, atau plastik es teh tukang bapak ngeganggu lingkungan sekitar dan nutupin jalan. Bapak perlu puya nomor HP kang sampah yang selalu sigap ngebuang sampah bapak tiap dibutuhin.

4. Kembalikan seperti semula

Setelah rumah bapak beres, dan pembangunan udah rampung, jangan lupa perbaiki lingkungan bapak yang jadi rusak atau kotor kaya semula lagi. Misal ada tembol tetangga yang kecipratan semen bisa bapak cat lagi. Penghijauan komplek yang rumputnya mati keinjek tukang atau kena semen bisa bapak ganti rumput baru. Saluran yang mampet gara2 pasir rumah bapak, dibersihin biar balik lancar lagi. Jadi tidak ada warga yang dirugikan, semuanya nyaman, jadi kuping bapak gak bunyi "ngiiiiinggggg" mulu digibahin tetangga.

Ditulis oleh:
Tio Buyung upik
Bacaan 2 menit
Dilihat :
363

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait