Adab Memanggil Pelayan di Restoran

12 Oct 2022

Adik-adik pasti pernah dong makan di restoran. Entah itu bareng keluarga, temen atau malah nge-date. Nah untuk memanggil pelayan, ada adabnya loh, dik. Nggak boleh sembarangan nyuruh. Berikut beberapa di antarara yang boleh dan  enggak boleh dilakuin. .


Don’t: Enggak Sopan Pas Manggil 

Kalo adik ada yang ingin dipesan atau ditambah, manggilnya jangan enggak sopan. Jangan panggil pelayan pake nada enggak sopan, apalagi pakai jentikan jari. Enggak ada yang suka diperlakukan kaya gitu, karena mereka juga hanya menjalankan pekerjaanya. 


Do: Memanggil dengan Sopan

Adik bisa memanggil pelayan dengan kata sapaan di depan seperti mas, mbak, atau kak. Adik juga harus sabar nunggu mereka datang kalo restorannya rame. Gimanapun juga pasti semua pelanggan kan sama di mata mereka. 


Don’t: Nyuruh yang Nggak Sesuai

Kecuali emang sesuatu terjadi sama adik, jangan suka nyuruh pelayan sembarangan. Gak semua tempat bisa adik minta bill, ada juga yang adik harus ke kasir. Atau saat adik harus antri makanan, jangan suruh mereka untuk ngantriin. Ikutin aturan yang ada. Mereka juga udah adat tugasnya masing-masing. 


Do: Bertanya dengan Lembut

Kalo adik mau pesan sesuatu, nada yang dipakai jangan ketus. Orang juga enggak enak dengernya. Biasain minta tolong sama orang pakai nada yang halus. Kalo yang adik pengenin enggak ada, jangan ngambek terus bilang “Kok enggak ada sih terus apaan yang dijual?”


Don’t: Bossy


Sering nih ada sebagian dari adik yang ngerasa dirinya raja karena udah jadi pelanggan, makanya nyuruh-nyuruh seenaknya dengan nada yang merendahkan ke pelayan. Padahal di situ kan mereka cuma kerja. Jadi kalo bukan jobdesc mereka, adik jangan nyuruh seenaknya. Atau kalau ada yang adik enggak suka, langsung marah-marah sendiri. Misalnya adik liat masih ada sedikit minyak di meja, adik langsung ngomong “Kok gini sih saya kan mau makan, bersihin sekarang dong.” Enggak gitu ya caranya dik.


Do: Meminta Tolong

Meskipun tugas mereka melayani pelanggan di restoran, bukan berarti adik bisa seenaknya sebagai pelanggan ya dik. Apa pun yang adik minta, sebaiknya dahulukan pakai kata tolong. Contohnya, “Bisa tolong minta garpu lagi kak.” karena biar bagaimanapun semua orang kan setara. Kalo depannya pakai kata tolong juga enak dengernya.


Don’t: Membuat pelayan tidak nyaman

Mungkin adik emang lagi lapar jadi meminta pelayannya biar cepet mendatangkan makanannya. Tapi yang pesan kan bukan adik doang, ada pelanggan lain juga. Lagipula, masalah dapur kan bukan tanggung jawab mereka. Jadi sebaiknya adik menunggu dan duduk dengan manis. Jangan ngomong “Kok belom dateng-dateng ya mas” terus menerus, apalagi di restoran kondisinya lagi rame.” Saran saya sih, mending dateng pas belom laper-laper amat. 


Do: Berterima Kasih

Kalau ini sebenarnya bukan ke pelayan restoran saja, tapi juga ke semua orang yang membantu adik. Jadi meskipun adik bayar, adik juga harus bilang terima kasih ke pelayan restoran. Lagian bilang terima kasih enggak makan waktu kok. 


Don’t: Ngajakin Ngobrol

Biasanya lebih sering dilakuin orang bawel. Kalo adik ada yang mau ditanya sama pelayan, baiknya pertanyaan singkat dan tepat. Jangan malah tanya jawab kaya cerdas cermat terus ngobrol. Kalau ada pesanan yang enggak ada, langsung tanya aja rekomendasinya. Jangan malah diajak ngobrol, mereka masih ada pekerjaan lain soalnya.


Do: Memberi Tip

Ini biasanya dilakukan di restoran yang harganya lumayan. Biasanya pelayanan yang dikasih juga cukup detil. Apalagi kalau adik banyak pesan, dan pelayan tertentu udah bantu banyak. Enggak ada salahnya lho dik kasih tip sebagai bentuk apresiasi. Tapi tetep sesuaikan tip sama yang adik pesan. Jangan udah pesen makanan sejuta lebih kasih tipnya dua ribu lima ratus.


Itu tadi beberapa hal yang jangan dan adik bisa lakukan ke pelayan di restoran. Yang penting, tetap memperlakukan mereka seperti biasa saja. Jangan berbuat hal yang nggak menyenangkan. Saling menghargai aja dik biar sama-sama enak. Mereka kan juga pasti capek kerja.

 

Ditulis oleh:
Tiffon
12 Oct 2022
Dilihat :
56

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait