Tips Beradaptasi di Lingkungan Baru

Bacaan 3 menit

Rumah yg ada di gambar caem banget yak. Mudah-mudahan warga bisa punya rumah modelan begitu atau yang lebih bagus, tanpa harus ngutang. Aamiin. 

Awal saya berumah tangga dan tinggal di lingkungan baru, saya ngerasa asing banget dan canggung buat kenal sama warga sekitar rumah. Tapi, setelah saya pikir-pikir ternyata tetangga adalah saudara terdekat kita yang pertama kali kita mintain bantuan kalo ada apa-apa. Makanya saya mulai belajar buat adaptasi lewat cara-cara ini. 


1. Senyum dan Sapa

Senyum kan ibadah dan paling gampang dilakuin. Ini yang kemudian saya lakuin ketika papasan sama warga biar keliatan ramah. Kalau belom hapal namanya ya senyumin aja dulu atau bisa sambil nyapa, "Pagi pak/bu".

Warga emang pasti kagak mungkin bisa hapal nama-nama tetangga yang seabreg dalam waktu singkat tapi sebaiknya yang warga hapalin duluan adalah tentunya Ketua RT setempat, setelah itu tetangga yang tinggal di samping dan di depan serta belakang rumah warga. Jujur aja warga, kalau kita nyapa tetangga dengan nyebut namanya, tetangga lebih ngerasa dianggep dan ngerasa dihargain. 

 

2. Bantu yang Bisa Dibantu

Selagi kita bisa bantu, jangan sungkan bantuin tetangga yang kira-kira butuh bantuan. Nanti kalau ada apa-apa biasanya kan yang bantuin pertama kali pasti tetangga sendiri. Tapi maap nih, kalau soal bantu ngusir tikus saya bukan cuma angkat tangan tapi juga angkat kaki terus lompat naek ke meja. Bukannya takut, tapi saya kagak bisa dikagetin aja orangnya. 

 

3. Sesekali Ikut Acara Kumpul Warga

Manfaatin momen-momen hari besar kayak 17-an atau hari besar keagamaan kayak Idul adha dsb. Momen kayak gini pas banget waktunya buat warga kenal sama lingkungan.

Kalau warga engga jadi panitia, jangan berkecil hati, warga bisa ikut nimbrung bareng warga laen yang engga jadi panitia juga. Biasanya yang kagak jadi panitia suka pada ngumpul deket tempat kopi, teh, sama gorengan. Coba samperin pak, sekalian bawain beberapa kopi rencengan atau cemilan. Bakwan anget enak nih, mantappp.

Atau warga juga bisa sesekali dateng ke pertemuan warga biar makin akrab dan tau informasi yang lagi di programin sama lingkungan sekitar jadi kagak kaget kalau tiba-tiba dari Pengurus RT ada yang kerumah buat mintain sumbangan. 

 

4. Masuk ke Grup WA

Salah satu cara warga bisa tau informasi di lingkungan adalah dengan masuk grup WA lingkungan RT. Engga apa-apa kalau sekiranya warga kagak aktif di grup itu, paling kagak warga tau ada info penting apaan dan info itu bisa jadi insight warga buat mulai pembicaraan ketika ngobrol sama warga laen. Ngobrolin info penting boleh ya, asal jangan ghibah, kagak baek ini mah. 

 

5. Jaga Hubungan Baik

Ini yang terpenting karena sebagian besar hidup kita kan bakal dihabisin di lingkungan rumah berdampingan sama tetangga. Ngejalin silaturahmi yang baik sama tetangga bikin hidup kita lebih nyaman.

Namanya hidup bertetangga pasti ada perselisihan. Kalau itu sampe terjadi, bagusnya selesaiin baik-baik dan jangan berlarut-larut apalagi kalo sampe ngandelin emosi dan ego. Jika perlu pihak ketiga, jangan sungkan-sungkan minta tolong sama Ketua RT buat nengahin dan nyari solusi bersama.

Kalau udah damai, warga bisa coba awalin kirim-kirim makanan sebagai bentuk ngebangun silaturahmi lagi biar suasana mencair lagi, kagak kaku kayak asbes kejemur.

 

Pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial, yang artinya dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak dapat hidup sendiri atau mencukupi kebutuhan sendiri. Meskipun dia mempunyai kedudukan dan kekayaan, dia selalu membutuhkan manusia lain.

Kira-kira itu yang saya lakuin di awal-awal saya tinggal di lingkungan yang baru. Dan ini contoh buat jenis lingkungan yang model pemukimannya horizontal yak, kalau yang vertikal kayak apartemen saya kurang paham bagaimana adaptasinya karena saya belom pernah tinggal di lingkungan model begitu, heheheehe.

Semoga berkenan ya warga.

 

#MajuBersamaBapak2id

#SetiapTempatMenjadiSekolah

#SetiapOrangMenjadiGuru

#SetiapOrangMenjadiMurid

#SetiapLiterasiMenjadiIlmu

Ditulis oleh:
potato chip
Bacaan 3 menit
Dilihat :
221

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait