Mengenal Jenis-Jenis Role Buat Adik-adik Yang Mau Berkarir Sebagai Kontraktor

Bacaan 2 menit

Adik-adik yang baru lulus kuliah dan pengen mencoba berkarir di proyek konstruksi mesti tau adik mau jadi apa, karena pada proyek konstruksi terdapat beberapa pihak diantaranya owner, konsultan, kontraktor, dan pengawas.

Nah kalau adik pingin kerja di kontraktor, adik minimal tau dulu nih bagian-bagian atau struktur organisasi di kontraktor itu apa aja. Kontraktor itu sendiri adalah suatu pihak yang melakukan pekerjaan konstruksi, merekalah yang menjadikan tanah kosong menjadi suatu gedung, jalan, bandara, dan lain sebagainya.

Bagian-bagian atau struktur organisasi pada kontraktor biasanya berbeda-beda tergantung pada perusahaan dan nilai kontrak proyek. Namun secara umum struktur organisasi kontraktor kayak dibawah ini  :

Manajer Proyek

Manajer proyek adalah orang yang memimpin, bertanggung jawab segala hal yang dilakukan kontraktor. Ibaratnya itu dik, Manajer Proyek adalah orang nomer satunya kontraktor pada suatu proyek konstruksi.  

Engineering

Bagian ini sebagai penggerak atau otaknya suatu proyek konstruksi. Kalau adik sering mikir tentang keteknikan yang dalem kayak mikirin kira-kira ini bangunan kuat atau engga, ini estetik atau engga, dan teknis lainnya bakal cocok banget buat adik ini posisi. Engineering biasanya terdiri dari Engineering Sipil, Arsitek, dan MEP (Mechanical Electrical Plumbing).

Drafter

Drafter adalah orang yang tugasnya menggambar. Biasanya nih setelah didesain dan dipikirkan secara matang olah seorang Engineer, desain tersebut dituang dalam bentuk gambar, nah gambar tersebut yang dibuat oleh Drafter. Salah satu program yang memudahkan seorang drafter untuk menggambar adalah AutoCAD. Adik kalau suka menggambar khususnya menggambar konstruksi cocok banget nih dik di bagian Drafter.

Surveyor

Kalau adik-adik suka liat di jalan ada orang yang ngeker-ngeker pake semacem teropong atau kayak mau ambil poto adik, itu bukan dik, mereka adalah surveyor. Surveyor bertugas untuk memastikan koordinat dan titik serta batasan-batasan lainnya pada lapangan. Jadi ga bisa sembarangan tuh adik ngegali tanah di daerah situ misalnya, siapa tau walau keliatannya kosong tanah punya orang lain dik.

Surveyor juga mastiin kelurusan bangunan, gedung-gedung bertingkat selalu lurus karena tiap milimeternya diliat dan dipastiin sama surveyor biar lempeng lurus tuh gedung dik.

Pelaksana

Pelaksana adalah orang yang melaksanakan kegiatan lapangan proyek yang udah dipikirin sama engineering dik. Tugasnya pelaksana ngawasin, ngarahin, ngejagain dan semacamnya pekerjaan-pekerjaan di lapangan. Pelaksana berkoordinasi langsung dengan mandor dan tukang.

QS (Quantinty Surveyor) dan/atau Estimator

QS adalah orang yang mengestimasi quantity atau jumlah volume pekerjaan. Terkadang QS tidak hanya berkutat pada volume namun juga pada harga. Jadi kalau adik pingin dapet role disini adik kudu jago tentang perhitungan volume atau kebutuhan-kebutuhan semacam material ini berapa seperti contoh butuh berapa bata untuk 1 m2 dinding, perlu juga tau cara hitung ngejar 1 m2 berapa lama dan lain sebagainya . Dan juga perlu mengetahui harga-harga pasaran biar langsung sat set sat set tau nih berapa total biaya yang akan dikeluarkan, contohnya buat bikin kamar berukuran 3 x 4.

Nah kenapa judulnya QS dan/atau Estimator karena tiap proyek berbeda, ada yang QS dan Estimator terpisah; dan sebaliknya ada yang dua bagian tersebut menjadi satu orang saja.

Scheduler

Tugas seorang scheduler adalah untuk merencanakan, mengendalikan, dan mengevaluasi jadwal-jadwal proyek konstruksi agar sesuai dengan penjadwalan yang sesuai sehingga proyek konstruksi tidak terlambat. Sebagai informasi dik keterlambatan proyek konstruksi, akan dikenakan denda per hari sebesar sepermil (1/1000) dari nilai kontrak.

 

Bagian-bagian diatas tidak mengikat ya dik, dalam kata lain ada beberapa role yang dijalani menjadi satu (merangkap role) oleh satu orang.

Ditulis oleh:
Ndaka
Bacaan 2 menit
Dilihat :
236

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait