Aktivitas Buat Ngelatih Daya Ingat Bapak (Biar Enggak Cepet Pikun)

07 Nov 2022

Ada banyak aktivitas yang bisa bapak lakuin biar enggak jadi orang pelupa. Kalo bahasa kerennya sih namanya demensia, pak. Itu nama medisnya kejadian pikun. Biasanya sih yang kena demensia nih orang di atas 65 tahun, tapi ternyata yang usia 40 atau 50 tahunan juga bisa. Soalnya biasanya hidup dengan rutinitas tersendiri kayak bangun tidur, anter anak, kerja, pulang, dan seterusnya bikin kita enggak merhatiin detail-detail penting. Apalagi kalo ditambah sama stres, bisa makin berasa tuh pelupanya. Nah biar enggak jadi orang pelupa, bapak bisa nih mulai hal-hal kecil berikut ini secara rutin. 

  1. Jalan Kaki
    Dari penelitian yang diterbitkan di JAMA Neurology, ternyata jalan kaki bisa bantu ngurangin masalah demensia di hari tua pak. Jadi risetnya dilakuin di lebih dari 78.000 orang di usia 40 sampai 79 tahun. Mereka diukur pake akselerometer. Penelitiannya membagi kelompok jadi 2 grup, yaitu grup yang jalan kurang dari 40 langkah per menit dan grup yang jalan lebih dari 40 langkah per menit.

    Nah setelah penelitian dilakukan selama 7 tahun, hasilnya adalah orang yang jalan kaki 9.826 langkah per hari bisa ngurangin resiko demensia sebesar 50%, orang yang jalan kaki 40 langkah per menit tapi cuma 6.315 langkah per hari ngurangin resiko demensia sebesar 57%, orang yang jalan kaki sebanyak 3.800 langkah per hari ngurangin resiko demensia 25%, orang yang jalan cepat 112 langkah per 30 menit setiap hari ngurangin resiko demensia sebesar 62%.

    Nah dari riset itu, peneliti mutusin bahwa yang penting tuh bukan berapa banyak jumlah langkahnya, tapi berapa cepat lajunya. Coba bapak rutinin deh jalan cepat selama 30 menit per hari mulai sekarang. Cara ngitungnya, langkah bapak selama 10 detik dikalikan 6 biar bisa ketemu hitungan langkah per menit. Soalnya kalo tiap hari jalan 10.000 langkah tuh jujur aja rada berat (banget) ya pak hehehe.

  2. Puzzle atau Crossword
    Puzzle atau crossword alias teka-teki silang nih termasuk permainan yang menstimulasi kognitif otak. Ada penelitian yang dilakuin ke 448 orang yang ngukur fungsi kognitif otak selama 12-18 bulan sambil main puzzle sama crossword. Hasilnya, kelompok yang secara rutin main crossword sama puzzle punya resiko yang kecil buat kena demensia. Secara rata-rata, main puzzle sama crossword bisa ngurangin resiko demensia kurang lebih 2,5 tahun. Karena ketika main puzzle sama crossword bagian otak kognitif ikut terlatih, ada baiknya bapak coba rutinin main puzzle dan crossword biar kognitif otak terstimulasi.

  3. Belajar Bahasa Baru
    Sama kayak puzzle dan crossword, belajar bahasa baru ini juga bisa memicu kognitif otak. Istilahnya kalo belajar bahasa baru tuh otak bakalan bikin jalur baru buat mempelajari bahasa itu. Jadinya, sel-sel otak yang ada milyaran itu gak mati begitu aja, mereka jadi sering kepake buat belajar dan jadinya makin kuat deh. Apalagi tiap bahasa tuh kan ada polanya ya pak. Nah semakin sering otak dilatih begini, sel-selnya juga makin aktif dipake buat mikir. Jadi gak gugur sia-sia gitu selnya.

  4. Memory Games
    Memory games kayak matching images yang biasa dimainin anak-anak tuh juga bisa jadi cara buat ngurangin masalah pelupa. Soalnya main memory games ini ibarat ‘olahraga’ buat otak. Kalo badan kan olahraganya buat ngelatih otot, kalo otak olahraganya buat ngelatih sel-sel otak yang jumlahnya milyaran. Jadi biar ada bagian otak yang jarang kepake tuh kena stimulus dan jadi aktif. Selain bagus biar bapak enggak jadi pelupa, main memory games tuh sebenernya seru banget pak buat ngelatih daya ingat.

Selain cara-cara di atas, jangan lupa juga hal yang paling penting biar enggak gampang pelupa. Banyakin makan bergizi, minum vitamin, tidur cukup, sama kurangi gaya hidup enggak sehat. Pemicu paling besar demensia di usia sebelum waktunya tuh gaya hidup dan stres soalnya pak.

 

Ditulis oleh:
Girly
07 Nov 2022
Dilihat :
43

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait