Alasan Kenapa Adik-Adik Gak Perlu FOMO Buat Punya 1 Miliar Pertama Sebelum Umur 30

19 Aug 2022

Sejak menjamurnya youtuber finansial dan pengusaha muda di sosial media mulai muncul satu tren yang agaknya kurang elok, yaitu target hidup ‘punya 1M pertama di umur 30’ atau ‘di umur 25’.

Punya banyak uang di usia muda emang keren dan menggoda. Saya paham bener. Makanya, gak heran kalau mulai muncul adik-adik milenial yang juga pengen punya 1M di usia muda.

Sayangnya, banyak juga yang hidupnya jadi cuma ngejar duit dan insecure atas pencapaian orang lain. Karena gak mau ketinggalan tren, dia merasa harus punya 1M sebelum umur 30.

Kalau nggak, rasanya jadi gimanaaa gitu. Dalam kamus Oxford, fenomena ini disebut dengan Fear of Missing Out atau disingkat dengan FOMO.

Tapi berdasarkan pengalaman hidup saya nih, ada sedikit alasan kenapa adik2 sebaiknya ga usah ikut2an FOMO sama target 1M tersebut.

1. Hidup bukanlah perlombaan, jadi santai aja. Kalau adik-adik nganggap siapa yang punya 1M pertama lebih keren, maka kami ucapkan selamat datang di dunia yang penuh dengan kegelisahan.

Hidup yang bahagia adalah ketika kita bersaing dengan versi diri kita di masa lalu, bukannya dengan orang lain. Santuy aja dik. Pak Munawir hidupnya pas2an kok, tapi masih bisa ketawa tiap hari.

2. Ngapain ikutin standar orang lain, tiap kita memiiki starting point yang berbeda jadi bikinlah standar adik sendiri. Dan yang pastinya realistis ya. Biar apa? Biar tetep happy ngejalaninnya, dik. Kalau happy, adik jadi lebih termotivasi buat ke tahap selanjutnya.

Misal, kalau saat ini tabungan adik baru 500 ribu. Gak ada salahnya buat bikin target ‘umur 25 punya tabungan 10jt pertama’. Kalau orang bilang “wah target lu kekecilan”, ya bodo amat. Yang penting kita bahagia dengan target kita sendiri.

Tiap orang berasal dari latar belakang yang berbeda. Jadi ga usah ngikutin standar orang lain. Bikinlah standar sendiri yang kira2 itu bisa kita capai dengan rasional dan bukan melalui jalur perdukunan.

3. Ingat, uang bukan satu-satunya sumber kebahagiaan. Jadi patokan bahagia itu ga cuma duit 1M. Yang harus adik pahami, bentuk rezeki itu banyak, ga cuma uang.

Mulai dari kesehatan, keluarga yang harmonis, teman kantor yang supportif dan lain-lain. Banyak loh orang yang sudah punya duit miliaran, tapi hidupnya gak bahagia.

Banyak artis-artis yang udah sukses, eh malah bunuh diri. Kurang milyarder apalagi coba?

Iya sih selama di dunia ini kalau apa2 kita emang butuh duit. Mau makan mie ayam aja butuh duit. Tapi ingat! Uang bukan satu-satunya sumber kebahagiaan di dunia ini. Banyak variabel yang harus adik prioritaskan alih2 cuma sekedar ngejar uang.

quote

Uang bisa dicari, tapi umur gak bisa diulang lagi. Jadi, jangan lupa nikmati hari ini, dik.

Ditulis oleh:
Runa Aviena
19 Aug 2022
Dilihat :
33

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait