Analisis Peluang Usaha Warmindo (Warung Indomie)

Bacaan 2 menit

Mempunyai bisnis atau usaha adalah salah satu impian kita semua. Salah satu usaha yang mudah sekali kita temui di mana saja adalah warmindo atau warung indomie. Warmindo ini peluangnya besar sekali, kalo bapak perhatiin mungkin sepanjang jalan yang bapak lewatin dari rumah ke kantor bisa ketemu puluhan warmindo. Tapi bapak pernah kepikiran gak sih, warmindo itu sebenernya menguntungkan apa tidak? Kalo bapak penasaran, pas banget nih, pak. Ini saya coba bikin analisis peluang usaha warmindo (warung indomie), biar seenggaknya bapak ada bayangan.

Modal Awal

Dengan asumsi bapak sudah punya tempat sendiri (karena agak sulit buat pakemin cost tempat, tiap daerah harga jual/sewanya berbeda-beda)

Biaya Belanja Mingguan (Menu Indomie)

Ini bayangan berapa banyak biaya perlu bapak keluarkan untuk belanja mingguan, bahan-bahan ini untuk menu Indomie,

Belanja Mingguan (Menu Roti Bakar, Pancong, dan Bubur Kacang Hijau)

Kalo nyang ini buat belanja menu tambahan kayak roti bakar, pancong dan burjo.

Biaya Operasional Bulanan

Untuk gaji pegawai, bapak bisa pakai sistem bagi hasil juga, ini hanya sebagai gambaran saja yak. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perhitungan Laba per Minggu

Perhitungan laba ini juga mempengaruhi banyak faktor. Ini dibuat dengan asumsi warungnya kaga sepi tapi kaga rame juga.

Laba bersih per Bulan

Reminder lagi, pak. Ini belom sama tempat yak.

Perhitungan Balik Modal

Dengan asumsi bapak udah punya tempat sendiri, kurang lebih dalam 3 bulan bisa balik modal. Karena nantinya bapak akan masukin cost sewa tempat, tergantung harga sewanya, balik modalnya bisa lebih dari 3 bulan.

 

Hal-hal tambahan yang perlu diperhatikan

Menurut analisis usaha warmindo yang kita riset, bapak setidaknya perlu memperhatikan beberapa poin di bawah ini,

  • Lokasi
    Apakah lokasinya strategis? Lokasi strategis contohnya bisa di dekat sekolah, pangkalan ojek, pinggir jalan besar. Terus akses jalan ke tempat warmindo bapak gimana, susah atau mudah dilewati. Bapak juga harus mikirin lahan parkirnya juga, biar nanti kalo rame biar bapak kaga kesusahan. Sama bapak juga harus merhatiin kompetitor, kalo di dekat situ udah ada warmindo, baiknya bapak cari lokasi lain yang agak jauh dari kompetitor.

  • Target Pelanggan
    Bapak juga harus tau target pelanggan buat warmindo bapak. Apakah mau narget pelajar/mahasiswa, driver ojol, pekerja kantoran, kalangan orang tua atau warga sekitar warmindo bapak.

  • Tenaga kerja
    Tenaga kerjanya juga harus bapak pikirin, bapak mau nyari orang terdekat yang bapak udah kenal, atau mau rekrutmen. Sistem pembayaran upahnya juga harus bapak bikin.

  • Manajemen
    Ngejalanin usaha warmindo juga tidak semudah kelihatannya, pak. Bapak juga mesti belajar dan bisa manajemen inventori dan manajemen keuangan. Di samping manajemen sumber daya manusia, dua manajemen ini ga kalah penting, pak.

Untuk catatan perhitungan analisis usaha warmindo ini masih jauh dari sempurna dan bisa berubah seiring berjalannya waktu. Tapi semoga bisa jadi gambaran buat bapak yang tertarik dengan usaha warmindo. Semoga bermanfaat ya, pak!

 

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
223

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait