Keuntungan Make Solar Panel di Rumah

Bacaan 2 menit

Bapak sempat kepikiran mau pasang solar panel enggak di rumah? Setahun lalu sih saya sempet ragu-ragu buat make solar panel di rumah. Tapi makin lama, saya makin mantep buat pasang solar panel soalnya area rumah saya tuh panasnya udah kayak simulasi neraka, pak. Kipas aja kagak bisa bikin lega saking panasnya. Akhirnya saya mutusin buat pasang solar panel di rumah. Biar kalo nyalain AC tagihan listriknya enggak bikin megap-megap banget. Dari semua perangkat elektronik di rumah saya, yang paling kepake itu AC.


Terus sejak pake solar panel di rumah, saya mulai ngerasain beberapa manfaat kayak:

  1. Bisa Nambah Peralatan Elektronik Lagi di Rumah
    Sejak beralih pake solar panel, saya jadi ngerasa aman-aman aja nambah 1 unit AC lagi. Enggak takut tagihan listrik meledak dan yang pasti dompet aman. Meskipun ini tuh manfaatnya beda-beda ya tiap orang, soalnya kan enggak semua orang kebutuhan listriknya sama, tapi tetep berasa sih pak hematnya pengeluaran listrik.

    Sekedar informasi, rumah saya juga masih pake listrik dari PLN kok, pak. Jadi masih hybrid dan enggak full solar panel semua sumbernya. Cuma bagian tertentu aja yang listriknya pake solar panel. Tapi tetep berasa lebih ringan tagihan listriknya.

  2. Listrik Jadi Enggak Jeglek
    Kalo nyalain alat elektronik dengan KWh yang gede kan sering tuh jadi jeglek. Akhirnya kudu mikir mana yang dimatiin dulu biar bisa tetep jalan. Problem kayak gini bisa diatur kalo bapak bisa kelola beban listrik di rumah. Terus bapak kudu perhatiin juga mana beban listrik yang paling gede dan mana yang enggak. Jadi biar seimbang dan kagak jeglek. Soalnya jeglek-jeglek gini nih bahaya juga buat alat elektronik. Bikin cepet rusak soalnya.

  3. Enggak Perlu Upgrade KWh Listrik
    Makin banyak alat elektronik yang dipake di rumah, makin banyak juga kebutuhan listrik yang diperluin. Sejak pake Solar panel, saya enggak upgrade KWh listrik lagi. Soalnya yang sekarang tuh masih cukup banget buat kebutuhan listrik sehari-hari. Ditambah pake solar panel ya makin makin cukupnya soalnya beberapa alat elektronik supply nya dari solar panel.

    Tapi balik lagi nih, pak. Kalo kebutuhan listrik bapak tinggi banget, mending disesuaiin aja KWh nya. Biar ga jeglek dan alat elektronik tetep bisa berfungsi dengan baik.

  4. Lebih Hemat Pengeluaran Listrik
    Pengeluaran listrik di rumah saya tuh pengeluaran yang paling gede sebelum pake solar panel. Inget banget dulu nyisihin paling banyak di pos keuangan buat listrik soalnya sering juga sebelum akhir bulan token udah bunyi tut tut tut.

    Nah pas saya hybrid pake solar panel, pengeluaran listrik saya udah enggak gede-gede amat. Bisa potong sampe kira-kira 20% lah. Ini udah banyak banget kalo dilihat dari kebutuhan rumah tangga saya. Jadi lumayan deh duitnya bisa buat yang lain.

Itu manfaat yang saya rasain setelah pake solar panel di rumah. Meskipun masih hybrid, tapi saya tetep ngerasain ringannya tagihan. Apalagi saya tinggal di daerah yang panas beud dan atap rumah saya juga selalu kena sinar matahari langsung. Jadi lumayan lah memanfaatkan energi dari alam.

 

Ditulis oleh:
Girly
Bacaan 2 menit
Dilihat :
257

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait