Apa yang Harus Bapak Lakukan Saat Ada Kecelakaan?

19 Sep 2022

Hampir tiap hari pasti ada kecelakaan. Maka dari itu kita kudu hati-hati, apalagi kalau kita ada di tempat kejadian. Dibanding nontonin doang kayak dipikir layar tancep, ada baiknya bapak ngelakuin hal-hal berikut.

Cari Bantuan buat Korban. Langsung ini mah enggak pake entar-entaran kayak kalo lagi disuruh mama. Ini penting karena kita enggak tahu keadaan korban. Kalau bapak bukan petugas medis, jangan sotoy ya pak. Bapak bisa telpon 112 buat panggilan darurat di keadaan kayak gini.. Kalaupun enggak berbahaya, bapak bisa bantu mungutin barang dia yang jatoh. Atau kasih teh manis anget kaya warga Indonesia pada umumnya. 

Jangan Menggerakkan Korban Sembarangan. Biarpun maksudnya baik, bapak jangan asal-asalan mindahin. Takutnya luka atau pendarahan korban bisa makin parah kalo digerakin. Belom lagi kalau cederanya tulang. Karena itu, bapak amannya nungguin aja sampe petugas dateng. Kalo perlu ajak ngobrol korban biar dia tetep sadar dan enggak terlalu fokus sama rasa sakitnya. Jangan jadi netizen yang komen “Kok dibiarin aja sih di jalan kan kasian.” Sebagai salah satu warga Indonesia yang baik, kita emang kudu tau pertolongan pertama buat korban kecelakaan. 

Jangan Cuma Ditonton. Nah ini kebiasaan yang kudu banget diilangin pak. Jangan ditonton pak itu kan bukan ludruk. Orang lagi kena musibah kok ditonton. Belom lagi yang pada parkir dan berhenti buat liatin. Kalo udah banyak yang bantu, bapak bisa jalan terus aja. Bapak juga enggak tau kalau ternyata bisa ada kecelakaan susulan karena macet. Baiknya kalau enggak bisa bantu lagi, yawda, silakan dilanjutkann perjalana bapak, jangan lupa berdoa.

Jangan Difoto, Kecuali Bapak Jurnalis. Jaman sekarang banyak banget nih yang berlomba update duluan. Kalo mau update, ya kecelakaannya aja nggak usah foto apalagi video korbannya. Kagak etis banget pak. Bayangin pak kalo misalnya amit-amit, korbannya meninggal di TKP, eh bapak ngevideoin yang ada muka atau kondisi korban. Gimana perasaan keluarganya kalo liat, pak? Kalopun ada, baiknya buat dokumentasi pihak berwajib atau media aja. Jangan pas ada kecelakaan langsung direkam cuma buat di-share atau biar story-nya pada ditanyain temen-temen. 

Nah, bapak bisa lakuin hal-hal di atas kalau terjadi kecelakaan di deket bapak. Sukur-sukur kalau bapak punya inisiatif tinggi buat ngebantu korban dan petugas yang lain. Kalau udah ada yang ngelakuin dan udah ada petugas, jangan ditontonin ya pak!

 

Ditulis oleh:
Tiffon
19 Sep 2022
Dilihat :
38

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait