Apa yang Harus Bapak Lakukan Saat Anak Mogok Sekolah

Bacaan 2 menit

Anak biasanya cepet banget gedenya baru aja kemarin bikin begadang bapak sama istri, sekarang udah masuk sekolah aja. Makin tumbuh besar tentu makin banyak permasalahan anak yang mewarnai keluarga kecil yang bapak punya termasuk mogok sekolah. Gak usah panik kalo anak bapak gak mau sekolah, bapak bisa coba lakuin beberapa cara ini.

Selalu tanya alasannya

Anak gak mau sekolah emang bikin cemas dan bertanya-tanya makanya bapak perlu menanyakan alasan yang jelas kenapa anak gak mau ke sekolah. Kalau alasan mereka karena lingkungan dan teman-temannya, bapak bisa bicarakan langsung dengan guru yang bertanggungjawab di sana. Nah kalau alesannya beda-beda tiap ditanya, bisa jadi anak bapak nurunin sifat bapak yang sukanya ngibulin orang.

Buat kesepakatan dengan anak bapak

Cara lainnya adalah dengan membuat kesepakatan dengan mereka. Misal bapak atau istri kasih kesempatan ke mereka untuk dateng ke tempat yang mereka pengen datangi setelah pulang sekolah atau memberikan waktu buat anak bapak untuk bermain game kesukaan mereka setelah selesai sekolah. Ini bisa membuat anak lebih bersemangat untuk pergi ke sekolah lagi pak biasanya.

Temani anak selama di sekolah

Untuk mengantisipasi hal lainnya, bapak atau istri bisa menemani mereka selama di sekolah. Bisa juga tanyakan ke anak bapak untuk melakukan aktivitas lain seperti ekskul yang anak sukai supaya mereka lebih semangat lagi datang ke sekolah. Selain menemani mereka, bapak juga bisa mengawasi dan mengamati bagaimana anak saat berada di sana.

Kurangi aktivitas tambahan

Semua orang tua pasti ingin anaknya mendapatkan yang terbaik, walopun orang tua belum sepenuhnya mengetahui apa sebenarnya bakat yang dimiliki anak, makanya banyak orang tua memberikan les tambahan kepada mereka agar bakat anak bisa terlihat. Tapi dalam kasus ini, bisa jadi anak bapak merasa terlalu lelah dengan semua aktivitas tambahan yang bapak sediakan. Lebih baik bapak tunjau ulang dan pilih lagi aktivitas-aktivitas mana yang memang benar-benar disukai anak agar mereka tidak merasa lelah dan malas saat mau pergi ke sekolah keesokan harinya.

Cara ini bisa bapak coba untuk membujuk anak agar lebih semangat ke sekolah atau bisa juga menggunakan cara bapak dan istri sendiri karena orang tua pasti lebih tau bagaimana kondisi dan karakter anak jadi gak perlu terlalu panik buat menghadapi drama anak yang satu ini ya pak.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
399

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait