Apa yang Harus Dilakukan Agar Anak Mau Terbuka dengan Orang Tuanya

Bacaan 2 menit

Kedekatan anak sama kita sebagai orang tuanya pasti selalu jadi kebahagiaan tersendiri. Apalagi kalo anak selalu jadiin orang tuanya nomor satu tiap ada hal baru yang dialami. Supaya anak bisa kayak gitu, udah pasti gak instan. Lalu apa yang harus dilakukan agar anak mau terbuka dengan orang tuanya?

Banyak mendengar kurangi omelan

Walopun udah sering disebut dimana-mana, tapi poin ini emang penting banget buat bikin anak jadi terbuka sama orang tuanya. Siapa sih pak, yang gak mau didenger apalagi sambil diperhatikan. Pas anak cerita, orang tua penting buat mendengarkan dan memahami dari sudut pandang anak dengan begitu anak akan merasa dihargai oleh orang tuanya. Hindari juga buat menginterupsi pas anak lagi bicara, soalnya anak bakal males buat lanjut cerita kalo ada yang nyela dia bicara. Pas anak udah mulai  cerita juga jangan ada kalimat-kalimat yang seolah-olah menginterograsi mereka ya, biasanya pertanyaan seperti “kenapa” justru akan membuat anak merasa tertekan, fokus aja sama hal-hal yang mereka mau sampein dan kalo anak lagi coba buat kasih tau apa kesukaan mereka, fokus aja sama hal tersebut.

Emergency call utama buat anak

Selalu siap sedia saat anak butuh bantuan harus jadi tugas utama orang tua. Kalo anak gak minta bantuan, kita sebagai orang tua yang harusnya menawarkan bantuan tersebut. Coba aja buat dorong anak cerita, gali ide mereka dengan pertanyaan-pertanyaan dari kita, dengan begitu biasanya anak jadi ngerasa orang tuanya bersedia jika sewaktu-waktu dia butuh pertolongan. Anak jadi ngerasa aman dan nyaman bahkan kalo anak sama orang tuanya lagi gak ngapa-ngapain, diem aja di rumah dengan kesibukan masing-masing, anak tetap akan ngerasa aman, yang penting kehadiran fisik orang tuanya ada berdekatan dengan mereka.

Punya waktu "pacaran" sama anak

Coba deh jadwalin buat hangout bareng anak yang beneran cuma berdua. Mau itu ke mall, makan di resto, jalan-jalan ke taman, atau yang lainnya. Tujuannya biar bisa lebih deket sama anak dan bikin mereka nyaman buat terbuka sama orang tuanya. Kalo bapak punya dua anak, coba atur jadwal dengan masing-masing anak bapak tersebut biar bapak ngerti gimana masing-masing anak bapak. Dengan quality time gini juga orang tua sama anak bisa berbagi rahasia yang cuma berdua doang yang tau, jadi lebih gampang mantau pergaulan anak pan pak.

Tau momen yang tepat

Kalo ada hal mendesak yang harus diobrolin sama anak, coba buat pilih momen yang tepat. Bisa juga buat samperin anak ke kamarnya atau bawa anak ke luar rumah sambil ngobrol serius. Inget juga, anak perlu tempat aman pas mereka mau terbuka sama orang lain. Jadi pastiin kalo orang tuanya adalah tempat aman buat berbagai hal.

Hal-hal tadi tentu gak langsung bikin anak jadi terbuka buat cerita semua hal ke kita ya, pasti butuh proses dan kesabaran yang banyak. Paling penting sih orang tua harus selalu ada ditiap proses tumbuh kembang anaknya.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
28

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait