Bagaimana Bapak Harus Merespon Apabila istri Bilang "Pah, Aku Mau Ngomong"

Bacaan 2 menit

Bapak pasti tau kalo kalimat tersebut biasanya untuk pembahasan yang kurang enak, dan kebanyakan dari bapak-bapak sangat takut sekali dengar kalimat pembuka itu. Padahal ga bikin salah, gak tau kenapa yah, soalnya saya juga takut gitu. Biar bapak kaga salah ambil langkah, ini biar saya kasih tau bagaimana cara merespon apabila istri bilang "Pah, aku mau ngomong".

Tarik Nafas Dulu

Tarik nafas yang dalem, terus fokusin pikiran dan tanamkan mindset kalau semua akan baik-baik saja, terus hembuskan perlahan. Kuncinya adalah tetap tenang dan jangan panik. Apan bapak kaga tau apa yang bakal diomongin sama istri.

Jawab dengan kalimat menyenangkan

Biar suasananya kaga terlalu mencekam dan tegang, bapak bisa jawab dengan tone dan kalimat yang menyenangkan. Contoh, "Apasih maahhh... kangen yah sama papah???" Sukur-sukur responnya "Ah, papa bisa aja, padahal mamah mau ngomong yang lain, gak jadi deh."

Dengarkan baik-baik

Ternyata istri bapak tetap ngajak ngomong dan beneran yang diomongin istri bapak adalah tentang kesalahan bapak. Sikap terbaik yang bisa bapak ambil adalah mendengarkan dengan baik-baik dan seksama. Soalnya kaga ada pilihan lain lagi, pak.

Minta maaf kalo memang salah

Ternyata bapak salah, kalo udah begini bapak harus minta maaf dan kasih tau kalo bapak akan berusaha untuk tidak mengulanginya. Kalo bapak gak salah jangan langsung di-counter, pak. Tunggu kondisi emosional istri bapak agak reda, baru deh kasih penjelasan. Tapi jangan ngotot juga, pak.

Kalo ternyata bapak gak salah

Angguk-angguk dulu, lalu nanti disaat hatinya udah adem baru bapak gantian "Mah... Papah mau ngomong" jelasin kejadian yang lagi dibicarain itu istri bapak salah pengertian, kasih tau kenyataan yang sebenernya. Kalo ditanya "kenapa gak langsung bilang?". Bilang aja bapak gak mau ngerusak momen mamah ngerasa bener karena papah cinta mamah... Aiiih sedappp.

Kesimpulan

Bersyukur, pak. Kenapa? Karena masih untung istri bapak mau ngajak ngomong dan berani melakukan konfrontasi mengenai pembicaraan yang kurang mengenakkan. Istri bapak dan bapak sama-sama keren kalo seperti ini. Karena kunci dibalik pernikahan yang langgeng adalah ada dua orang yang saling berusaha minta maaf dan memaafkan.

Tenang pak, takut itu manusiawi. Namanya juga bapak-bapak, belum tentu kita salah, tapi bisa jadi sikap kita yang salah. Semoga cara merespon apabila istri bilang "Pah, aku mau ngomong" ini bisa membantu bapak ya!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
37

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait