Bahan Unik Untuk Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Hias

17 May 2022

Bapak pasti pengen kan pak taneman hias di rumah tumbuh subur dan cakep? Saya punya solusinya nih, pak. Daripada ngeluarin duit mahal-mahal buat beli pupuk, mending bapak manfaatin aja bahan-bahan yang nggak kepake di rumah buat nyuburin taneman. Mayan kan, pak, jadi bisa ngirit karena gratisan hehehe.


Kulit bawang 
Gak cuma bawangnya aja yang berguna buat bumbu dapur, pak, ternyata kulitnya juga kepake. Kulit bawang ngandung banyak nutrisi kek kalium, magnesium, dan fosfor yang bisa ngelancarin proses fotosintesis, bikin taneman cepet tumbuh dan ngelindungin taneman dari hama. Cara ngeaplikasiinnya gampang bener. Kumpulin kulit perbawangan, dari bawang merah, bawang putih, ampe bawang bombay. Abis itu rendem di air kira-kira 3 liter selama 24 jam-an lah. Kalo udah 24 jam, saring ama ambilin ampas kulitnya. Udah deh pak, tinggal siramin aja ke taneman.


Agar-agar 
Selain dijadiin cemilan sore buat anak-anak, agar-agar bisa juga dijadiin alternatif pupuk, pak. Agar-agar punya kandungan nitrogen yang bisa ngerangsang pertumbuhan taneman plus bikin taneman makin rimbun. Tinggal tuangin aja 1 sampe 2 sendok serbuk agar-agar, terus larutin dengan segelas air panas. Kalo udah larut, tambahin air dingin sedikit2 ampe tiga gelas. Aduk rata, abis itu masukin ke botol dan bisa langsung disemprot ke taneman. Tapi cukup seminggu sekali aja ya, pak.


Kulit pisang 
Sama kek bawang, abis makan pisang, kulitnya jangan dibuang ya, pak. Kulit pisang bisa bikin taneman nggak cepet kering dan layu karena ada kandungan kalium yang tinggi bener, sekitar 42 persen. Bapak bisa jadiin kulit pisang pupuk cair. Caranya, ambil beberapa biji kulit pisang, kalo bisa yang masih seger. Terus rendem di dalem toples isi air. Tutup rapet dan diemin selama 1 ampe 2 minggu. Kalo udah, tinggal disiramin ke taneman ato bisa juga kulit pisangnya dipotong kecil-kecil terus langsung dikubur di tanah deket akar tanemannya.


Cangkang telur

Cangkang telur punya kandungan kalsium yang tinggi. Kandungan ini bisa memperkuat struktur sel taneman mulai dari akar, batang, ampe daun. Buat manfaatinnya, bapak bisa ngancurin cangkang telur ampe halus dan jadi bubuk. Abis itu, taburin bubuknya secara merata di permukaan tanah. Atau bisa juga cangkang telurnya direbus bentar dan didiemin semaleman. Terus langsung aja semprot air rebusannya ke media tanam. Dijamin mantep.


Ampas teh 
Keliatannya sih sepele, tapi kandungan asam tanat di ampas teh, mau teh item atau teh ijo, bisa bikin tanah jadi gembur. Kalo tanah gembur kan tanemannya jadi makin subur, pak. Ngaplikasiinnya juga nggak repot. Cuma perlu nyaring air teh, terus ambil ampasnya. Atau kalo pake teh celup, keluarin aja ampas teh dari kantongnya, terus jemur sebentar kira2 20-30 menit. Abis itu, tinggal taburin aja dah ke media tanam. 


Kalo udah rutin nerapin cara-cara tadi, dijamin deh taneman hias bapak bakal subur dan cakep. Saya udah buktiin sendiri pak pake cangkang telur. Hasilnya, beuuh mantep, taneman saya jadi pada kokoh, gak gampang mleyot hehehe. 

Ditulis oleh Poppy

 

Ditulis oleh:
Poppy
17 May 2022
Dilihat :
43

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait