Barang-barang Murah yang Adik-Adik Wajib Punya di Kosan

Bacaan 3 menit

Ngekos merupakan salah satu hal yang mungkin adik akan, sedang atau sudah alami dalam hidup adik. Mungkin mengisi ruang kosan menjadi salah satu tantangan buat adik karena mesti mendapatkan barang yang murah dan kalo bisa bagus atau istilahnya best buy.

Berikut saya rekomendasiin barang-barang murah yang adik-adik wajib punya untuk mengisi kosan.

Kabel Rol, Rp. 34,900

Untuk panjang 3 meter dengan 5 lubang stop kontak harganya Rp. 34,900. Tapi kalo adik mau lebih murah,adik bisa langsung ke toko elektronik aja, minta dibikinin sesuai kebutuhan, misalkan 4 stop kontak dengan panjang kabelnya 3 meter. Tiap toko biasanya harganya beragam, tapi ga begitu jauh kok perbedaan harganya.

Kasur, Rp. 749,000

Ini sangat esensial sekali, kalo bisa dahuluin beli ini dulu. Karena ga semua kosan udah termasuk sama kasurnya. Kasur busa quillting harganya Rp. 749,000 di marketplace. Ini ukuran 120cm x 200cm x 15cm. Jadi lumayan lega lah buat adik yang posisi tidurnya berantakan.

Galon Air, Rp. 46,000

Ini juga pasti adik sangat butuh, karena pasti adik pake buat minum, masak dan mungkin dibawa ke kampus atau kantor. Untuk galon baru adik bisa beli merk air isi ulang Biru, harganya bisa beragam di tiap daerah. Tapi standarnya adalah Rp. 46,000 dengan bonus air minum isi ulang Biru. Worth banget ini untuk dibeli.

Perlengkapan Makan (1 Set) Rp. 70,000++

Untuk harga piring, mangkok dan gelas plastik adik bisa beli yang berbahan plastik foodgrade. Untuk satu setnya ada masing-masing 4 pcs piring, mangkok dan gelas. Kenapa plastik? Kalo misalkan jatoh dari meja atau ketendang, alat makan adik gak gampang pecah. Untuk sendok dan garpu satu set-nya di marketplace harganya Rp. 4,500. Saran saya sih adik beli 2-3 set, jadi totalnya Rp. 13,500. Biar kalo ada temen yang lagi nongkrong dan makan bareng di kosan adik, bisa adik pinjemin sendok garpu juga.

Rice Cooker 1.2 L, Rp. 274,200 

Dengan punya rice cooker adik juga bisa menghemat banyak pengeluaran di bagian makanan. Adik bisa beli rice cooker ukuran kecil aja, biasanya kapasitasnya 1,2L. Ini cukup banget buat adik makan 3x sehari. Harganya juga gaterlalu mahal. 

Pompa Galon Elektrik, Rp. 30,000

Galon air udah punya, sekarang adik bisa nambahin pompa galon elektrik. Kenapa yang elektrik? Biar dia otomatis mompain air minum ke gelas adik, dan juga biar kaga kelebihan alias tumpah-tumpah. Harganya juga terjangkau.

Perlengkapan Kebersihan (Sapu, Saupan, Pel-pelan, Sapu Lidi, Lap) Rp. 100,000 - 150,000

Sangat krusial untuk memiliki alat-alat kebersihan seperti sapu + serokan, pel-pelan untuk kebersihan kamar kosan adik. Lap untuk ngepel tumpahan, kan adik makan dan minumnya belepetan tuh.  Sapu lidi buat nyapuin kasur biar ga ngeres pas mau adik tidurin. Kalo di-total abisnya sekitar Rp.100,000 - 150,000 (perlu diingat, harga dapat berbeda-beda tiap daerah). Jadi worth banget lah, apalagi barang-barang ini bakal kepake untuk jangka waktu yang lama. Belinya lebih baik di tukang perabotan dik, karena bakal lebih murah.

Keset, Rp. 10,000

Kalo bisa adik beli 2, satu untuk kamar mandi (kalo kosan adik pake kamar mandi dalam), satu buat pas masuk kamar kosan adik. Jadinya masuk kamar dibiasakan keset dulu ya, dik. Biar kakinya ga dekil kayak kaki Pak Munawir. Adik belinya modelan kaset salur aja, harganya murah. Satunya kisaran Rp. 10,000.

Hook Tempel, Rp. 3,800

Biar adik gak ribet maku ato ngebor tembok, belinya hook yang langsung bisa ditempel aja, dik. Harganya juga ga terlalu mahal kok. Kalo bisa hook ini ditempel di kamar mandi dan beberapa spot tembok yang nganggur di kamar kosan adik. Biasanya harga satuannya adalah Rp 3,800. Bahannya pake sticker adhesive, lumayan kuat. Asal jangan galon air minum adek yang digantung disini.

Rak Sepatu, Rp. 29,900

Minimal punya 1 rak sepatu, biar sepatu dan sendal adik gak berserakan di depan kamar kosan adik. Rak 3 susun ini bisa muat total 6 pasang alas kaki adik. Harganya di marketplace sekitar Rp. 29,900.

Tempat Sampah, Rp. 28,900

Kalo bisa beli 2 dik, satu buat di dalam ruangan kosan adik. Satu lagi buat kamar mandi (kalo kosannya ada kamar mandi dalam) atau depan kamar kosan adik. Kalo bisa juga cari yang ada tutupnya, biar tidak jadi polusi bau dan pemandangan. Harganya di marketplace sekitar Rp. 28,900.

Kurang lebih itu beberapa rekomendasi barang-barang murah yang adik wajib punya di kosan. Untuk linknya langsung dipencet aja gambarnya ya, dik. Kalo ada masukan atau tambahan lain, silahken dik.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 3 menit
Dilihat :
246

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait