Beberapa tambahan fitur baru di iOS 18, ada fitur AI-nya pak!

Bacaan 3 menit

iOS 18 yang lagi ramai jadi pembicaraan bakal hadir menggandeng AI dan ChatGPT. Ini merupakan terobosan yang amboy mantap sekali buat iPhone. Walaupun fitur AI ini baru akan bisa digunakan oleh iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, fitur lain dari iOS 18 tetap bisa dinikmati oleh generasi iPhone yang lain. Beberapa tambahan fitur baru di iOS 18 selain AI adalah sebagai berikut.

Siri di-upgrade jadi lebih mantep

Siri dapet upgrade AI yang lebih bagus. Selain tampilan visual yang baru, Siri jadi lebih ngerti sama maksud dari apa yang disampaikan user dan bisa mengkoreksi konteks yang dimaksud. User juga bakal bisa ngetik ke Siri, jadi ga cuman pake voice command. Prompt yang kita sampaikan juga akan lebih dipahami konteksnya, jadi bapak bisa minta Siri buat nyari informasi terus ngajuin pertanyaan lanjutan. Sayangnya fitur ini baru bisa digunakan oleh user iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max.

ChatGPT bakal masuk ke iOS

ChatGPT bakal ada di iPhone bapak. Seperti yang udah bapak tau, Apple berkolaborasi sama OpenAI. Jadinya nanti bapak bisa ngajuin pertanyaan ke ChatGPT sama kek bapak pas make chatGPT langsung. Nah di iPhone ini nanti bapak kagak perlu bikin akun. Pihak Apple juga bilang apapun yang bapak ketik ke chatGPT gabakal mereka simpen dan iOS bakal selalu minta ijin dari bapak sebelum make chatGPT.

Mulai dari Notes sampe E-mail, AI bakal bisa rewrite, proofreading, dan summarize teks 

AI bisa rewrite, mengoreksi, dan bikin ringkasan teks mulai dari email hingga notes. Pokoknya di mana aja bapak bisa masukkin teks, AI Apple bisa ngelengkapin apa yang mau bapak ketik, ngebetulin grammar sama ngubah tone tulisan bapak.

iOS18-rewrite-proofreading-summarize

source : Apple

Bisa costumize emoji sendiri

Kalo bapak bosen sama kumpulan emoji Unicode yang itu-itu aja, Apple sekarang nawarin generative AI buat solusinya. Di iOS 18, bapak bisa pake AI buat generate emoji unik buat segala kebutuhan, misalkan bapak mau generate gorilla maen sketbor, bisa pak. 

Bisa costumize home screen sendiri

Di iOS 18 bapak juga bakal bisa ngasih warna khusus buat ikon aplikasi, biar lebih enak diliat dan bapak juga bisa ngatur dan nempatin ikon di mana aja. Dark mode juga bakal menyesuaikan dengan warna ikon aplikasi. Home screen bapak jadi bisa dipersonalize sesuai dengan kemauan bapak.

iOS18-Costumize-Home-Screen

source : Apple

Apple juga bakal ngerilis aplikasi Password

Dari dulu sih emang Apple udah lama nyimpen dan ngesync password, passkey, kode OTP, dan informasi autentikasi lainnya di Keychain, tapi buat mengakses fitur-fitur itu riweh banget. Dengan aplikasi Password, Apple bakal ngebawa fitur-fitur luar biasa ini dan bikin penggunaannya lebih gampang. Aplikasi Password bakal hadir di iOS, iPad, Mac, dan Vision Pro, serta Windows.

iOS18-Passwords

source: Apple

Recordings sama Transcripts bakal bisa dipake di Phone dan Notes

Aplikasi Notes sekarang bisa bikin audio recordings, bikin transkrip, dan buat ringkasan recording. Aplikasi Phone bawaan iPhone juga bakal bisa bikin hal tersebut, namun akan memperingatkan peserta bahwa panggilan sedang direkam.

iOS18-Recordings-from-Phone-and-Notes

source: Apple

Messaging juga bakal dapet banyak fitur tambahan

iOS 18 bisa bikin bapak ngirim tapback pake emoji apa aja. Bapak juga bisa bikin animasi teks dengan efek baru dan nge-bold atau nge-strikethrough teks buat ngasih penekanan dalam teks yang bapak kirim. Bapak juga bisa ngejadwalin SMS buat dikirim nanti-nanti di Messaging. Dan fitur dari Apple yang udah lama dijanjikan untuk RCS, atau Rich Communication Service, bakal secepatnya diimplementasiin, yang berarti teks sama user Android gak bakal terlalu buruk kek sekarang. Gambar dan video yang dikirim antara user iPhone dan Android juga bakal punya resolusi yang lebih tinggi. RCS juga bakal support fitur pesan udah dibaca dan indikator pengetikan. Apple juga bakal memperluas dukungan satelit mulai dari panggilan telepon sampe pesan teks, yang bisa bikin bapak ngirim pesan bahkan kalo bapak kagak ada koneksi di henpon.

Bisa Mirroring iPhone ke Mac

Fitur ini bikin bapak bisa mirroring iPhone ke Mac dan ngotak-ngatik kaya yang bapak lakuin di hape bapak. Notifikasi iPhone juga bakal muncul di Mac bapak, dan bapak tetep bisa interaksi dengan notif itu waktu lagi mirroring. Tenang pak, pas iPhone lagi mirroring, iPhone bapak tetep bakal kelock dengan aman, menjaga privasi bapak.

Bisa nge-lock dan nge-hide aplikasi

Bapak kaga usah kuwatir buat minjemin hape bapak ke orang lain, karena dengan iOS 18 ini bapak bisa nambahin autentikasi tambahan untuk aplikasi tertentu. Fitur ini bagus banget buat ngejaga dan ngelindungin aplikasi banking atau e-commerce yang ada di hape bapak. Aplikasi itu juga kagak bakal muncul di iOS atau di search bar. Bapak juga bisa nge-hide aplikasi.

Itu dia beberapa tambahan fitur baru di iOS18, sayangnya fitur AI yang baru bisa dipake oleh user iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Mulai dari seri iPhone SE generasi ke-2, SE, XR, XS, iPhone 11, iPhone 12, iPhone 13, dan iPhone 14, bakal tetep bisa upgrade iOS 18. Kalo iPhone bapak sendiri, seri berapa pak?

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 3 menit
Dilihat :
62

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait