Beberapa hal sederhana yang bisa buat Istri bapak senang

Bacaan 3 menit

Terkadang kita sebagai bapak-bapak suka ga nangkep apa yang istri inginkan dari kita. Akhirnya kita jadi salah tingkah. Tapi tenang, pak. Berikut udah saya rangkum beberapa hal sederhana yang bisa buat Istri bapak senang.

Siapin sarapan buat Istri

Kalo biasanya istri yang siapin sarapan buat bapak, sekarang gantian dong pak... Kalo bisa sering-sering sih, ini salah satu bentuk sederhana ungkapan terima kasih dan kasih sayang ke istri. Bapak bisa beliin sarapan favorit istri, atau kalo bapak bisa masak sendiri lebih mantep, pak. Abis sarapan bapak juga yang bebersih bekas sarapannya, dijamin istri bapak pasti seneng, pak.

Express Gratitude buat istri

Bapak bisa berikan afirmasi berupa ucapan rasa syukur atau terima kasih atas segala yang udah istri bapak berikan ke bapak. "Makasih ya udah sabar sama aku, udah mau berjuang sama aku, selalu ada buat aku," dan kata-kata lainnya. Ngomonnya sambil megang tangan istri dan tatap mukanya dengan serius dan tulus ya, pak.

Memprioritaskan Komunikasi

Komunikasi yang intens sangat dianjurkan oleh salah satu ahli psikolog klinis, Carla Marie Manly, Ph.D. Dalam komunikasi ketika ada perbedaan pendapat, bapak tidak harus selalu setuju dengan apa yang disampaikan dengan istri. Namun dengan bapak mendengarkan dan memperhatikan dengan seksama, istri bapak akan lebih connected dengan bapak. Ketika berkomunikasi juga bapak harus fokus kepada istri bapak, jauhin diri dari handphone, tinggalin dulu apa yang lagi bapak kerjain dan perhatiin istri bapak dengan seksama.

Bantuin Pekerjaan Rumah Tangga

Bisa banget bapak bantuin pekerjaan rumah yang ringan sebelum berangkat kerja, seperti nyapu lantai, memastikan galon dan tabung gas masih banyak isinya, bantu nyiapin kebutuhan anak yang mau berangkat sekolah. Tipsnya jangan ambil pekerjaan yang lagi atau udah di-handle sama istri. Misalkan istri bapak udah handle kebutuhan sekolah anak bapak, nah berarti bapak kerjain yang lain, contohnya bapak nyapu lantai, buang sampah atau bahkan cuci piring. 

Minta Maaf dan Memaafkan 

Ketika bapak salah jangan gengsi untuk minta maaf duluan, pak. Setelah ada pertentangan, beri waktu kepada diri bapak, tarik nafas yang dalam dan langsung minta maaf, pak. Kalo istri yang berbuat salah juga jangan di-judge, pak. Seperti yang pernah dikatakan Ibunda Pak James, "Dibalik hubungan yang langgeng, ada dua orang yang saling bergantian memaafkan dan minta maaf."

Be Present

Maksudnya disini adalah bapak benar-benar "hadir" ketika menghabiskan quality time bersama istri bapak, Bapak harus jauh dari segala distraksi dan kegiatan yang lain. Perhatikan istri bapak dengan seksama dan dengarkan baik-baik. Hapenya ditaro dulu, kegiatan yang lagi dikerjain di pause dulu, pak.Tunjukan rasa ketertarikan bapak ke topik yang sedang dibicarakan sama istri, dengarkan sampai selesai. Kalo istri minta saran, baru bapak kasih saran. Kalo gak minta, bapak bisa peluk sambil kasih comforting words. Dalam beberapa kasus juga kadang istri minta waktu sendiri dulu, bapak harus bisa membaca situasi di kala ini. Emang agak tricky, tapi bapak gak boleh membiarkan istri bapak bersedih sendirian.

Merayakan Pencapaian bersama

Mungkin Istri bapak baru aja dapet promosi di kantornya, atau mungkin dia sukses ngerjain proyek gede di kantornya, hal ini mesti dirayakan bersama, pak. Istri bapak akan merasa spesial dan bahagia, apalagi pas bapak ikut bahagia. Ga mesti yang "WAH" juga pak perayaan, balik lagi dengan personality bapak dan istri bapak, yang penting perayaan atas pencapaian ini bisa membuat istri bapak seneng karena bapak sangat perhatian kepada dia.

Sebenernya banyak banget cara buat bikin istri bapak seneng dengan hal sederhana, dan ga harus dengan cara yang perfect banget. Yang penting adalah konsistensi bapak setiap hari dalam mengusahakan hal-hal ini.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 3 menit
Dilihat :
105

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait