Beberapa rekomendasi metode belajar buat anak bapak

Bacaan 2 menit

Jadi ada beberapa metode belajar yang cocok buat anak bapak, berikut saya jelaskan berdasarkan range umurnya.

Umur 1-3 Tahun (Toddlers)

  • Pembelajaran berbasis permainan atau play-base learning adalah metode yang melibatkan anak untuk bermain dalam proses belajarnya. Hal ini dapat membantu pengembangan fisik, emosional, sosial dan intelektual. Sediakan mainan untuk anak dan berikan anak aktivitas yang bisa menstimulasi panca indera serta mendorongnya untuk bereksplorasi.
  • Mendengarkan musik dan mengajaknya menari. Metode ini melibatkan kegiatan menyanyi, menari dan memainkan alat musik agar anak dapat terbantu dalam pengembangan motorik dan bahasa. Hal ini dapat membuat anak belajar kata-kata baru beserta maknanya. 

Umur 3-6 Tahun (Preschoolers)

  • Hands on Activities mengacu dari Jurnal Unnes, Hands on activities adalah kegiatan yang dirancang untuk melibatkan anak dalam menggali informasi dan bertanya, beraktivitas dan menemukan, sehingga mereka dapat membuat kesimpulan sendiri. Kegiatan ini meliputi menggambar, mewarnai, menyusun balok dan lainnya. Contohnya, dengan mewarnai bunga, anak bisa mengetahui beragam warna yang cocok untuk bunga seperti merah, kuning, putih dan biru. Hal ini bisa menumbuhkan kreativitas dan problem-solving skill.
  • Outdoor Play atau bermain di luar ruangan. Aktivitas di luar ruangan dan eksplorasi alam sekitar bisa meningkatkan kebugaran fisik dan memberikan pemahaman tentang alam. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan adalah mengamati tingkah laku hewan, nature color hunt (mencari benda sesuai dengan warna yang ada di alam), dan lain-lain.

Umur 6-9 Tahun (Elementary School)

  • Pembelajaran terstruktur, di tahap ini bapak bisa mengenalkan anak dengan pembelajaran yang lebih terstruktur seperti membaca, menulis dan matematika dasar. Biasanya nanti di Sekolah Dasar akan disediakan kurikulum dan rencana pembelajaran, bapak bisa cari sekolah yang menyediakan kurikulum dan rencana pembelajaran sesuai dengan kebutuhan anak bapak.
  • Games dan Aplikasi Edukasi, penggunaan games dan aplikasi edukasi bisa membuat kegiatan belajar jadi lebih menarik dan menyenangkan. Contoh games edukasi adalah Minecraft Education Edition dan Khan Academy Kids : Learning.

Umur 9-12 Tahun (Upper Elementary School)

  • Rutinitas belajar dan Pekerjaan Rumah (PR), metode ini membantu anak menciptakan kebiasaan belajar yang baik, belajar tanggung jawab dan manajemen waktu untuk menyiapkan mata pelajaran yang lebih kompleks. 
  • Kegiatan Ekstrakurikuler, mengajak mereka untuk ikut terlibat di olahraga atau hobi yang mereka senangi yang pada akhirnya bisa mengembangkan keterampilan mereka pada satu aktivitas tersebut.

Kira-kira itulah beberapa metode belajar yang bisa bapak terapkan ke anak bapak, tapi ingat pak, orang tua juga harus ikut terlibat dalam pembelajaran anak, memberikan dukungan penuh, dan menjaga komunikasi dengan guru atau pengajar. Semoga bermanfaat ya!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
166

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait