Hal-Hal yang Sebaiknya Bapak Komunikasikan ke Istri

13 Oct 2022

Cocok banget ini judulnya dipake buat sinetron Suara Hati Seorang Bapak. Ceritanya lika-liku perjalanan menjadi bapak idaman bagi anak dan istri. Cuma emang ya, sebagai bapak tentunya mau kok bantu urus anak. Tapi ya ada kalanya hal-hal di bawah ini bikin kita jadi ga bisa membantu ngurus anak. Misalnya:

Lagi Capek Sama Kerjaan Kantor
Ini biasanya alasan yang paling sering kejadian. Capek sama kerjaan kantor dan stres dari lingkungan kantor yang tinggi tuh beneran bisa mempengaruhi mood. Kalo udah capek, dampaknya ya mau momong anak tuh gak mood gitu. Jadinya ya males-malesan. Akhirnya istri ngomel deh. Serba salah deh bapak nih ya. Kalo kayak gini, solusinya bapak komunikasiin ke istri. Bapak bisa bilang, mau tidur 30 menit soalnya lagi capek. Jadi biar istri bisa kompromi juga. Terus kalo mutusin mau istirahat, ya beneran istirahat pak. Jangan nontonin youtube mulu. Inget bapak juga kudu momong anak setelah istirahat 30 menit.

Lagi Pengen Me Time Sebentar
Buat ngilangin stres dan suntuk, bapak-bapak juga perlu me time. Maksudnya biar lebih semangat lagi buat bertemu keluarga dan momong anak gitu. Nah me time nya bapak ini kadang sering disalah artikan sebagai males-malesan. Tips nya, kalo bapak suntuk dan perlu me time, bapak jangan balik rumah dulu. Coba berhenti dulu di mana gitu, cafe atau masjid terus istirahat bentar. Jadi pas nyampe rumah dan ketemu keluarga, batre kehidupan bapak gak lowbat parah.

Takut Salah Tiap Mau Bantuin
Bapak pasti pernah deh niat bantuin, eh ternyata ada aja yang salah. Yang sering kejadian nih soal bajunya anak atau snacknya anak. Niatnya bapak nyenengin anak ngasih cokelat, eh terus sama istri malah diomelin soalnya anak udah sikat gigi dan mau tidur. Pusing juga ya, pak. Buat hindarin hal yang kayak gini, bapak perlu belajar. Apalagi kalo selama ini istri yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan anak. Mau gak mau, yang paham seluk beluk anak juga istri. Coba tanyain yang boleh dan gak boleh buat anak. Terus kalo misalnya gak boleh, alternatifnya harus ngapain. Momong anak sama kayak membangun rumah tangga, pak. Kudu terus belajar dan memberikan yang terbaik.

Kagak Ngerti Caranya
Ini biasanya kejadian buat bapak-bapak yang baru banget punya anak nih. Misalnya kayak cara mandiin bayi, cara mijet, cara gendong, dan yang lainnya. Ya wajar juga sih. Apalagi bayi tuh kan kecil banget ya, pak. Jadinya rada takut mau megang. Tenang aja, pak. Selalu ada kesempatan buat belajar selama masih bernafas. Sekarang udah banyak kelas-kelas buat urus bayi khusus ditujukan buat bapak-bapak sekalian. Jadi bapak bisa ngebantuin istri pas istri habis lahiran.

Anak Cuma Mau Sama Ibunya
Kalo ini derita bapak-bapak yang kerjaannya merantau jauh nih biasanya. Lama gak ketemu sama anak, begitu ketemu eh anaknya lupa kalo punya bapak. Yang kaya gini emang ga bisa dihindari. Jadi solusinya tiap bapak abis merantau jauh, tiap pulang bapak PDKT in lagi deh anak bapak. Anak-anak tuh cepet banget sebenernya deket sama orang. Jadi bapak tinggal sering-sering habisin waktu aja sama anak biar mereka terbiasa sama bapak.

Tenang pak, di luar sana banyak bapak-bapak yang juga punya problem hidup serupa kok. Tapi akan lebih mempermudah Bapak ketika Bapak berkomunikasi dengan istri.

 

Ditulis oleh:
Girly
13 Oct 2022
Dilihat :
71

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait