Cara agar adik terhindar dari Ego Trap

Bacaan 2 menit

Pernah gak sih adik mendapat achievement, terus merasa bangga dan seiring dengan waktu, adik selalu mengubris hal tersebut ke teman-teman tongkrongan atau kolega. Hati-hati dik, ego trap itu. Ego trap adalah suatu kondisi dimana seseorang banyak berbicara tentang dirinya sendiri dan berusaha membuat dirinya terlihat sangat penting atau lebih baik dari orang lain. Ini biar saya kasih tau cara agar adik terhindar dari Ego Trap,

Jadi Pendengar yang Baik

Sebisa mungkin jangan selalu membicarakan diri adik sendiri, coba luangkan waktu untuk mendengarkan orang lain dan tunjukkan ketertarikan pada apa yang mereka sampaikan. Adik juga bisa ngasih pertanyaan dan terlibat dalam percakapan yang sedang terjadi. Ketika lawan bicara memberi adik kesempatan bicara, barulah adik berbicara mengenai adik sendiri. Salah satu tips berkomunikasi yang saya terapkan sampe sekarang adalah “it’s not about me”, Karena orang lain seneng banget ketika kita antusias dan nanyain tentang dia.

Be Humble

Sebenernya gamasalah bangga sama pencapaian Adik. Kadang memang harus dirayakan, namun sebisa mungkin adik tetap humble dan rendah hati. Adik harus hindari menyombongkan diri atau terus-menerus mencari validasi atas pencapaian adik.

Menunjukkan Ketertarikan dan Antusiasme adik kepada orang lain

Adik bisa tunjukkan minat yang tulus dan ketertarikan adik pada orang lain. Caranya dengan menanyakan minat, pengalaman, dan pendapat mereka. Ini nunjukkin kalo adik menghargai mereka sebagai individu dan tidak hanya fokus pada diri sendiri. Misalkan, temen adik cerita kalo dia punya hobi baru, adik bisa tanya gimana ceritanya bisa suka hobi itu, apa yang dia suka dari hobi itu, dan tunjukkin antusiasme adik pada hobinya.

Belajar Berempati

Adik harus menguasai skill ini. Adik bisa coba untuk memahami dan berempati dengan menggunakan sudut pandang dan perasaan orang lain. Tunjukkan rasa compassion dan dukungan adik ketika orang lain menceritakan tantangan yang mereka hadapi atau kesuksesan yang mereka capai. Karena dengan adik belajar berempati, adik jadi lebih peka dengan apa yang orang lain rasakan dan membuat hidup adik jadi lebih bermakna bagi adik dan orang lain.

Sharing the Spotlight

Adik harus bisa mengakui dan merayakan pencapaian orang lain. Kalo adik kerja tim dan dapat penghargaan, adik harus bisa kredit kolega adik atas pencapaian yang kelompok adik capai. Jangan ngaku kalo semuanya adik yang ngerjain dan mengambil semua pujian untuk diri adik sendiri. Biasanya sering terjadi nih di kota-kota besar ckckck.

Be mindful sama kata-kata adik, apalagi pas ngomong sama orang lain

Coba deh perhatiin cara Adik berbicara tentang diri sendiri dan berinteraksi dengan orang lain. Kalo bisa hindari mendominasi percakapan atau terus-menerus mengarahkan topik ke diri adik sendiri alias ngomongin adik terus.

Yang penting tetap ingat dari mana adik berasal. Ilmu padi, dik. Semoga tips biar terhindar dari Ego Trap ini bisa membantu adik ya!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
215

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait