Tips Milih Depot Air Minum Isi Ulang Yang Sehat

Bacaan 1 menit

Buat bapak-bapak yg mau pake air isi ulang depot atau udah langganan coba cek deh depot langganannya udah memenuhi syarat kesehatan apa belom. Diantaranya adalah,

1. Bangunan, desainnya ga harus industrial atau mediteranian gitu ya pak, yang penting sanitasinya oke. Kaga licin, kaga ada air yang tergenang, kaga ada serangga dan lingkungan sekitarnya juga bersih.

2. Penjamah / Operator, jangan sampe abangnya lagi pilek atau batuk pas lagi isi galon bapak. Dalam kata lain, abangnya harus sehat dan higienis, biasanya pemilik ataupun operatornya bakalan diikutkan pelatihan higiene sanitasi oleh dinkes setempat, pak.

3. Peralatan, dari air baku sampai diolah melalui proses seperti filtrasi dan desinfeksi hingga akhirnya siap minum depot punya peralatan2 yang banyak deh pokoknya. Kalo semua peralatannya dirawat dengan baik dan diganti secara rutin mah, InsyaAllah olahannya juga bakalan memenuhi syarat kok, pak.

4. Kualitas Olahan, air minum yang sehat adalah yang tidak berbau, berasa dan berwarna (kalo udah orange mungkin bapak masukin sirup deh keknya). Total bakteri coliform dan e. Coli nya harus 0. (Sumber : PMK no. 492 thn 2010 ttg kualitas air minum). Biasanya depot yang baek bakalan ngecek sampel airnya secara rutin ke laboratorium dan hasilnya bakalan dilaporkan ke puskesmas dan dinkes setempat, jadi bapak bisa lihat tuh hasil terbarunya.

Tapi Kalo bapak malu buat nanyain karena bakalan tatap-tatapan mata sama abangnya, bapak bisa tanyain ke petugas Sanitarian Puskesmas setempat. Apakah depot tersebut memenuhi syarat ataukah tidak? Karena depot air minum selalu diinspeksi dan diawasi oleh petugas sanitarian dan dinkes setempat.

Ditulis oleh:
HansYogi
Bacaan 1 menit
Dilihat :
359

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait