Cara Bikin Air Keruh di Bak Mandi Bapak Jadi Bening Lagi

30 Aug 2022

Biasanya, sekitar musim ujan, baru pindah ke rumah baru, atau abis renov, air bak mandi bakal jadi keruh bener. Pan kaga enak ya diliatnya pak. Mau dibuang sayang, gak dibuang juga gimanaaa gitu.

Darispada bingung-bingung, sebenernya bapak bisa banget bikin air keruhnya jadi bening lagi. Caranya gampang bener! Bapak cuma perlu air keruh sama tawas. Terus ikutin deh tips ini:

 

Pertama, isi bak mandi bapak sampe penuh, kira-kira 90 liter. Tahap paling penting dalam tips ini adalah airnya, Pak. Jadi, pastiin bapak udah ngisi bak mandi bapak pake air.

Penuhin aja sekalian ya, biar ga ribet bolak-balik. Biasanya sih, satu bak mandi yang keisi penuh itu sekitar 90 liter. Tapi bapak gak mesti ngitungin, soalnya ribet. Jadi dikira-kira aja ya, Pak. Anggaplah emang 90 liter.

 

Kedua, siapin ember, trus masukin 5-6 sdm tawas + 6 gayung air. Abis itu, siapin ember dan tawas. Pastiin embernya bersih. Biasanya, istri suka ngebedain antara ember ngepel lantai, cuci baju, sama ember buat wadah air. Jangan sampe bapak pake ember buat ngepel. Biar pasti, bapak bisa tanya istri dulu.

Abis itu, masukin tawas sekitar 5-6 sendok makan. Tawasnya bisa bapak beli di warung, pasar, atau beli online juga gak napa. Kalo udah, isi embernya pake 6 gayung air.

Jadi, kira-kira perbandingannya 1:1 ya pak. 1 sdm tawas untuk 1 gayung air. Ini buat air 90 liter. Kalo jumlah airnya lebih banyak, bisa bapak tambahin aja. Dikira-kira.

 

Ketiga, aduk sampe larut dan warna air memutih. Kalau udah, bapak bisa aduk campuran yang di ember sampai larut. Tandanya, warna air bakal jadi memutih. Biasanya bakal ada busa dikit. Jadi, bapak gak usah khawatir.

Setelah tawasnya udah bener-bener larut di air, bapak bisa tuang ke bak mandi lagi. Terus aduk-aduk sebentar. Biar larutan yang di ember bisa tercampur merata sama air di bak.

 

Tungguin 3-4 jam. Setelah semua tahap di atas udah selesai, bapak bisa tinggalin selama kurang lebih 3-4 jam. Jangan diaduk lagi ya, Pak. Enaknya sih pas malem, jadi pagi-pagi udah beres deh.

Kalau udah selesai, bakal ada endapan kotoran di bagian bawah bak. Tapi sisa air di atasnya bakalan bening lagi. Air ini aman banget buat bapak dan keluarga pake buat apa aja. Bisa buat mandi, nyuci, gosok gigi, dan lain-lain.

 

Gimana? Gampang kan, Pak? Mantap banget ini. Pasti istri bapak makin cinta!

Ditulis oleh:
Runa Aviena
30 Aug 2022
Dilihat :
52

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait