Cara Bikin Headlamp Mobil Bapak Jadi Kinclong Selain Pake Sabun

03 Jun 2022

Mobil kesayangan bapak udah berasa gelap banget pas lampunya nyala?

Tenang, gak perlu panik ya pak. Ada banyak cara nih biar nggak ngeganggu tampilan mobil jadi kureng. 

Saya bakal kasih sedikit tips biar bikin headlamp mobil bapak jadi kinclong lagi berdasarkan pengalaman saya. Tenang, ini bahan-bahannya gampang bener ditemuin di rumah, pak"

Pake handbody. Kalo lagi kepengen bersihin mobil tapi kagak mau nyuci gede-gedean, biasanya saya manfaatin handbody. Selain simpel, ngebersihin mika pake handbody juga nggak bikin becek di garasi bapak. 

Caranya gampang bener, pak cuma perlu nyiapin 3-5 lembar tisu yang udah dilipet jadi dua bagian. Abis itu tinggal olesin handbody ke tisu yang udah ada. Secukupnya aja ya pak. Tinggal gosok deh tuh mika yang kusem karna debu pelan2. Lakuin berulang sampe debu yang ada di mika mulai ilang. Nggak bisa bikin kek baru sih Pak, tapi bisa bikin headlamp jadi terang lagi. 

Gosok pake minyak kayu putih. Cara lainnya pake minyak kayu putih, ini juga udah saya cobain sendiri, apalagi buat mika mobil yang kusemnya masih medium. Mayan deh bisa ngilangin debu-debu yang menggangu.

Caranya gini pak. Bapak bisa pake lap kering atau tisu. Terus dilipet dua bagian dan ditetesin minyak kayu putih dan mulai digosok 2-3 kali. Kalo udah agak kering, coba tetesin lagi ya. Dikit2 aja netesinnya. Nanti kalo kebanyakan bukannya bersih malah tangan bapak jadi anget hehehe.

Pake pasta gigi. Selain bisa bikin gigi bapak yang banyak jigong bersih, ternyata pasta gigi juga bisa buat ngebersihin mika lampu mobil yang agak kusem nih. Caranya gampang kok, pak. 

Bapak cuma perlu ngebersihin mikanya dulu pake air bersih, trus keringin pake kanebo sama lap kering. Abis itu, olesin pasta gigi sampe rata ngiterin permukaan mikanya. Trus, gosok deh dengan cara ngelingkerin mikanya. Diemin bentaran sekitar 2-3 menit, trus siram pake air sampe bersih. Cara ini bisa diaplikasiin ke headlamp yang belom nguning ya, pak. 

Cuka. Iya pak, bukan cuma buat masak aja kok. Cuka juga bisa buat ngebersihin mika lampu mobil yang kusem atau udah menguning. Cara ngebersihinnya gini pak. Pertama, campur 3 sdm cuka ke 1 liter air. Terus masukin kain lembut ke dalem air yang udah dicampur cuka. Gosok kain ke mika lampu ya, gosok memutar. Lakuin secara berulang ya pak, sampe mika mulai keliatan bersih. Abis itu, lap pake kain lembut kering deh. 

Lotion anti nyamuk. Syarat pertama, jangan terapin cara ini ke lampu mobil yang pake mika atau plastik. Nah, kalo mobil bapak lampunya pake kaca, bisa banget nih pake lotion anti nyamuk buat ngebersihin headlamp mobil yang udah mulai nguning. 

Caranya kagak jauh beda pak sama cara-cara di atas. Siapin lotion anti nyamuk sama lap lembut kering ya.  Gosok ke lampu mobil secara memutar. Lakuin 2-3 kali sampe lampu mulai keliatan kagak kuning lagi.

Pak, cuman perlu diinget, kalo kelima cara tadi bisa dilakuin kalo kondisi kusem mikanya belom parah-parah amat apalagi udah lecet. Kalo udah parah dan bener-bener bikin lampu nggak keliatan lagi mah ya udah saatnya bapak bawa mobil ke bengkel biar dibenerin dah tuh ama yang pro. Biar nggak bikin bahaya di jalan karena lampu mobil makin gelap pak.

Ditulis oleh:
Nasuha
03 Jun 2022
Dilihat :
65

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait