Cara Chat Atasan Dengan Sopan via WA, Biar Bapak Tetep Keliatan Profesional

Bacaan 2 menit

Mungkin beberapa dari warga masih bingung gimana caranya menghubungi atasan via chat, terutama via WA (whatsapp). Biar bapak kagak canggung sama atasan bapak dan takut salah. Ini biar saya kasih tau cara chat atasan dengan sopan via WA.

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Chat Atasan

  • Isi pesan harus jelas dan ringkasBapak harus tau tujuan bapak menghubungi atasan. Sebisa mungkin hindari penjelasan yang panjang lebar atau detil yang kagak perlu. Karena bisa aja atasan kita lagi sibuk. Atasan kita juga akan menghargai kita karena mempersingkat waktunya.

  • Tetep profesional
    Biar kata bapak deket sama atasan bapak, ketika chat atasan tetap harus profesional. Jangan pake bahasa santai, nambahin emot atau apapun itu yang termasuk kategori tidak profesional.

Struktur isi pesan

  • Awali dengan salam dan perkenalan
    Saya tau bapak pasti udah ngerti sama poin ini, tapi sebagai reminder aja ini mah. Baiknya bapak awali percakapan dengan salam dan diikuti dengan perkenalan. Perkenalan ini sifatnya kalo emang bapak menghubungi atasan yang levelnya tinggi dan jarang atau hampir gak pernah bapak temui. Dengan mengenalkan diri, bapak akan terlihat beretika, membangun trust dengan lawan bicara dan memberi kejelasan ke atasan bapak mengenai siapa yang menghubungi dia.
  • Sampaikan inti dari pesan yang akan disampaikan
    Kayak yang sebelumnya dibahas, bapak harus jelas dan ringkas ketika chat atasan bapak. Beberapa skenario yang biasanya terjadi dan bapak harus chat atasan adalah,

    Permohonan
    Contoh : “Apakah bapak sudah mereview laporan yang saya kirimkan dua hari lalu?”

    Menanyakan persetujuan
    Contoh : “Pak, bisakah saya minta approval dari bapak untuk melanjutkan penambahan jumlah pekerja di proyek yang sudah kita bahas beberapa hari lalu?”      

    Memberikan update
    Contoh “Pak, penyortiran barang sudah berjalan 72% dan akan bisa selesai sesuai (timeline / deadline)”  

    Melaporkan masalah
    Contoh “Pak, saya mengalami kendala di bagian (jelaskan secara singkat), saya akan update perkembangannya ke bapak.”

  • Gunakan bahasa yang sopan dan baku
    Ini biar bapak terlihat profesional dan beretika, bapak bisa gunakan diksi yang formal dan baku. Jangan pake bahasa yang casual ya pak. 

    Contoh : Jangan pakai kata “Kalo boleh…” 

    Lebih baik bapak pakai “Bila berkenan…”

  • Jangan lupa bilang terima kasih
    Ini merupakan salah satu poin yang bisa menunjukkan kalo bapak orangnya sopan dan professional. Setelah bapak chat dengan atasan dan sudah menyampaikan pesan yang mau disampaikan, bapak bisa bilang terima kasih kepada atasan bapak. Berterima kasih adalah salah satu bentuk kesopanan yang paling sederhana.

Dibaca juga yang ini pak : Cara Minta Kasbon Ke Bos lewat WA

Contoh Chat Atasan dengan Sopan via WA

cara-chat-atasan-dengan-sopan-via-WA

Ilustrasi chat atasan dengan sopan via WA (Whatsapp)

Nah kira-kira begitu pak. Sekarang bapak udah ngerti kan cara chat atasan dengan sopan via WA. Untuk catatan, bapak juga harus perhatikan waktu ketika mengirim chat tersebut. Kalo bisa bapak chatnya di jam kerja, kecuali emang ada urusan yang mendesak. Kalau ada yang kurang boleh banget ditambahin ya, pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
53

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait