Cara membuat kamar tidur makin nyaman buat Bapak di rumah

Bacaan 2 menit

Kamar tidur adalah salah satu bagian rumah yang paling crucial di rumah. Sebagian besar waktu hidup kita, kita habiskan di kamar tidur. Menjadikan kamar tidur menjadi nyaman bisa meningkatkan kualitas tidur bapak. Tapi apa aja sih komponen yang bisa bikin kamar tidur bapak menjadi nyama? Ini biar saya bantu jabarin yah...

Kasur yang Nyaman

Namanya kamar tidur ya, pasti komponen paling utamanya adalah kasur. Kasur dan atau ranjang yang nyaman akan sangat berpengaruh pada kualitas tidur bapak. Pilihlah matras dan bantal yang sesuai dengan preferensi tidur bapak. Entah itu kasur dan bantal yang soft atau firm, spring bed, memory foamlatex, atau hybrid. Dan cari juga ukuran kasur yang sesuai dengan kebutuhan bapak dan istri.

Perlengkapan untuk Kasur

Seperti bed cover, sarung bantal dan guling, selimut. Pilihlah bahan perlengkapan kasur yang mengandung breathable materials, seperti linen atau kapas. Karena mereka cocok dan nyaman di segala temperatur. Contohnya, ketika suhunya panas di dalam kamar, bahan ini tetap sejuk karena membiarkan udara bersirkulasi dan menguapkan kelembapan. Dua bahan ini juga eco-friendly karena merupakan bahan alami dan biodegradable

Ventilasi yang memadai

Ventilasi berguna untuk menjaga kualitas udara, meregulasi temperatur, dan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman dan sehat. Beberapa pertimbangan yang bisa digunakan untuk memastikan ventilasi yang memadai adalah :

  • Jendela, merupakan salah satu penyedia ventilasi alami. Udara dengan mudahnya bisa masuk dan menggantikan udara yang ada di dalam kamar dengan udara yang baru dari luar jendela. 
  • Cross-ventilationJika memungkinkan, posisikan kamar tidur untuk menggunakan cross-ventilation dengan ruangan lain, dimana udara bisa lewat melalui satu ruangan ke ruangan yang lain. Contoh, membuka jendela, dan pintu kamar agar udaranya bisa bersirkulasi ke ruangan yang lain.

Pencahayaan (Lighting)

Kombinasi pencahayaan yang baik dan memadai juga bisa menciptakan suasana kamar tidur yang nyaman dan fungsional. Misalkan menambah lampu di samping tempat tidur, atau menambah lampu berdiri dan meletakkannya di pojok kamar tidur. Untuk pagi dan siang hari juga bisa menggunakan cahaya alami yang datang dari jendela.

Dekorasi tambahan

Baik dari warna tembok yang menambah relaksasi dan membuat tidur nyenyak, dekorasi tambahan seperti wallpaper, poster band kesukaan bapak, lukisan, atau tanaman-tanaman yang bisa diletakkan di kamar tidur. Warna tembok seperti warna biru, hijau dan netral memberikan rasa rileks, namun balik lagi ke preferensi pribadi kita masing-masing. 

Noise Reduction (Peredam suara)

Menambahkan bahan yang kedap suara juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas tidur dan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman. Bapak bisa menambahkan acoustic panels untuk kamar tidur dan menggunakan pintu yang mengandung bahan peredam suara. Dengan begini tidur bapak lebih nyaman dan berkualitas.

Kurang lebih itulah beberapa komponen yang bisa bikin kamar tidur bapak makin nyaman. Kalo bapak apakah ada tips lain?

 

 

 

 

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
171

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait