Cara Mendidik Anak Bapak yang Gampang Marah

Bacaan 2 menit

Setiap anak pasti punya karakternya masing-masing, ada yang dari kecil bawaannya nangis mulu, ketawa, bahkan marah-marah. Tapi sebagai orang tua coba buat liat hal lain yang bisa dibangun dari karakter anak tersebut, contohnya anak yang gampang banget marah punya kemungkinan buat jadi pemimpin karena sifatnya yang tidak mau diatur orang lain. Makanya ada cara buat ngedidik anak yang gampang marah ini.

Orang tua harus konsisten

Anak yang gampang marah biasanya tidak mau mengikuti aturan yang udah dibuat karena mereka ngeliat orang tuanya yang gak konsisten dengan aturan itu sendiri. Misal, bapak ngelarang anak buat gak banyak-banyak minum es tapi bapak sendiri nuangin es depan anak, udah pasti anak jadi tantrum dan gak mau lagi tuh dengerin nasehat orang tuanya. Jadi orang tua juga harus konsisten sama aturan yang dibuat ya.

Saat bicara anak lebih suka to the poin

Cara orang tua bicara ke anak yang gampang banget marah juga harus diperhatiin. Soalnya anak yang kayak gini biasanya ogah buat dengerin omongan yang panjang lebar kesana kemari, anak lebih suka langsung to the poin. Jadi kalo mau ngajak anak bicara mending langsung kasih tau salahnya dimana, harusnya gimana, dan konsekuensinya apa.

Buat aturan yang tegas

Karena sifat kepemimpinan pada anak yang gampang marah lebih tinggi, biasanya mereka akan lebih patuh kalo ada aturan yang jelas dan tegas. Sertakan juga sama hukuman yang bakal didapet kalo anak melanggar dan reward yang dikasih kalo anak berhasil patuh dengan aturan yang ada. Tapi inget, orang tua juga harus tegas. Tegas di sini beda dengan memarahi, kalo marah cenderung menyakiti tapi kalo tegas untuk mengatur anak supaya bisa lurus pada aturan. Nah, orang tua harus tabah, tegar, dan kuat biar gak diatur balik sama anak.

Harus sering diingatkan

Alesan lainnya kenapa orang tua harus sabar dan tabah ngadepin anak yang gampang banget marah adalah orang tua harus sering ngingetin anak, apalagi kalo anak udah mau ngelanggar aturan yang ada, orang tua harus buru-buru ngingetin aturan yang udah disepakati beserta punishment dan reward-nya.

Itulah penting kenapa sebelum jadi orang tua kita harus paham betul gimana karakter anak dan cara ngadepinnya, walopun udah banyak banget teori yang dibaca kadang prakteknya juga susah. Gimana kalo enggak baca sama sekali?

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
41

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait