Cara Mengeluarkan Unek-Unek buat Adik yang Introvert

Bacaan 2 menit

Punya teman, keluarga, atau pasangan yang bisa diajak ngobrol tentang banyak hal ternyata bisa bantu buat mengurangi stress. Tapi kalo adik tipikal orang yang gak punya banyak temen, gak terlalu deket sama keluarga, atau belum punya pasangan, adik perlu cari cara buat ngeluarin unek-unek biar gak dipendem jadi penyakit.

Salah satu caranya adalah dengan morning pages journaling setiap hari. Journaling sendiri isinya tentang apa yang kita pikirkan dan apa yang kita rasakan. Beda dengan diary yang merekam secara spesifik kejadian di hari tersebut. Tujuan dari morning pages journaling ini adalah untuk melepas pikiran-pikiran atau hal yang kita rasakan lalu dituangkan di dalam tulisan 3 halaman penuh.

Manfaat yang bisa dirasakan nantinya, stress jadi berkurang karena sudah mengeluarkan unek-unek tanpa perlu berinteraksi dengan orang lain, bisa menjalani hari dengan lebih bahagia, dan ide-ide jadi mudah didapat karena proses journaling ini. Ditambah kepribadian adik jadi lebih tenang dalam menghadapi setiap masalah yang ada.

Kenapa morning pages journaling ini dilakukan dengan menulis pada 3 halaman penuh pada pagi hari? Karena saat kita menulis, otak kita dipaksa bekerja untuk berpikir. Di satu lembar pertama tulisan kita akan terlihat tidak jelas maknanya apa, tapi ketika menulis sudah lebih dari satu lembar kertas, otak kita akan mulai berpikir lebih terstruktur dan bercerita dengan lebih jelas tentang hal-hal yang selama ini membebani diri kita. Pagi hari jadi waktu yang tepat karena untuk memulai hari yang fresh tentunya kita perlu membuang hal-hal yang dianggap mengganggu dan tidak penting yang bisa menghambat kegiatan lain ke depannya.

Tulisan-tulisan yang sudah ditulis bersifat privasi dan kalo adik tidak mau mengingatnya lagi bisa dibuang dan dilupakan begitu saja. Untuk itu pada proses penulisannya, tidak apa-apa jika tulisan adik random dan kemana-mana pembahasannya. Selamat mencoba!

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
111

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait