Cara Jadi Penulis Freelance Buat Nambah Uang Jajan Adik

Bacaan 3 menit

Jadi seorang penulis lepas atau freelance bisa jadi pilihan yang menarik buat adik-adik, terutama buat adik yang suka nulis dan pengin eksplor kreativitas yang adik-adik punya. Selain itu, adik-adik juga dapet fleksibilitas waktu dan juga dapet kebebasan untuk bekerja di mana saja dan kapan aja. Namun, jadi seorang penulis freelancer juga perlu yang namanya kerja keras dan komitmen yang tinggi buat adik-adik mencapai kesuksesan yang adik-adik idamkan. Nah, banyak juga adik-adik di luar sana yang punya struggle dan kebingungan gimana sih caranya jadi penulis freelancer. Jangan khawatir dik, berikut beberapa tips yang udah disiapin buat membantu adik dalam mewujudkan apa yang adik mau.

 

1. Buat Portofolio Yang Kuat

Portofolio adalah kumpulan contoh tulisan yang sudah adik tulis buat memperlihatkan kemampuan menulis adik kepada client. Portofolio yang baik harus mencakup contoh tulisan yang telah adik publikasikan sebelumnya atau yang telah adik buat untuk client lain. Portofolio ini akan membantu client dalam melihat gaya dan tingkat kemampuan menulis adik itu gimana. Pastikan untuk memilih contoh tulisan yang terbaik dan yang paling sesuai dengan genre yang ingin pengin adik targetkan.

2. Pahami Pasar dan Genre yang Adik Targetkan

Dengan mengetahui pasar (bukan Pasar Senen ya dik :D) yang ingin adik targetkan dan mengikuti genre yang sedang naik tren di zaman now, akan membantu adik dalam menemukan ide pekerjaan atau proyek menulis yang sesuai dengan kemampuan dan minat adik. Selain itu, memahami tren terkini dalam menulis juga akan membantu adik menjadi lebih kompetitif dan akan semakin dikenal di pasar. Misalnya, jika adik ingin menjadi penulis konten SEO, adik harus tahu jenis konten yang bisa membuat artikel ter-index oleh search engine dan bisa tengger di page one pencarian search engine

3. Jadilah Orang Yang Terorganisir Dik!

Menjadi penulis freelancer berarti adik harus mampu mengelola waktu dan pekerjaan adik sendiri. Buatlah jadwal yang teratur buat nulis dan pastikan untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan jangan lupa dik jangan tinggalkan kewajiban utama adik itu apa misalnya adik sekarang lagi kuliah di kampus dengerin dosen ngajar, jangan disambi nulis ya dik nanti kalau ketauan sama dosen urusannya bisa panjang dik. Dengan jadwal yang teratur, juga akan membantu adik membangun reputasi yang baik sebagai penulis yang dapat diandalkan. Selain itu, terorganisir juga akan membantu adik mengelola banyak pekerjaan atau proyek sekaligus dengan lebih mudah.

4. Pahami Kebutuhan Client Adik

Selalu pastikan untuk memahami kebutuhan client adik dengan baik. Tanyakan apa yang diinginkan oleh client dan pastikan untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan apa yang diminta. Komunikasi dan hubungan adik dengan client akan membantu adik dalam menjaga hubungan yang baik dengan client dan memperoleh feedback yang positif. Selain itu, memahami kebutuhan client juga akan membantu adik menyusun dan menyajikan ide-ide yang ingin dikhendaki.

5. Teruslah Belajar dan Tumbuh

Ada quotes "Tuntutlah ilmu sampai ke liang lahat" dalam quotes tersebut dapat kita petik hikmahnya bahwa menuntut ilmu atau belajar itu nggak kenal batas usia dan waktu dik, begitupun dengan menulis. Ketika adik sudah memiliki penghasilan dari menulis tidak berarti adik harus berhenti belajar. Selalu cari kesempatan untuk tumbuh dan belajar sebagai penulis. Baca buku, ikuti kelas/course atau seminar menulis, dan cari kesempatan untuk bergabung dengan komunitas penulis. Ini akan membantu adik menjadi lebih baik dalam menulis dan meningkatkan kemampuan adik.

 

Dengan mengikuti tips-tips di atas, mudah-mudahan adik akan lebih siap untuk menjadi seorang penulis freelancer yang sukses, Amin. Selalu ingat untuk terus belajar dan jadilah orang yang lebih terorganisir sebagai penulis, dan ingat juga menjadi penulis memerlukan kerja keras dan komitmen yang tinggi. Semangat dan terus berjuang ya dik!

Ditulis oleh:
Bang Reja
Bacaan 3 menit
Dilihat :
448

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait