Cara Menjalankan Peran Sebagai Single Parent

Bacaan 2 menit

Teruntuk bapak-bapak yang mengalami perceraian dalam pernikahannya, sehingga bapak harus menjalankan peran sebagai ayah dengan keterbatasan. Kami mau berbagi tips berdasarkan pengalaman warga kami, sebut saja Pak Toto (nama disamarkan). Beliau adalah single parent yang menurut kami merupakan contoh single father yang baik. Berikut adalah cara menjalankan peran ayah sebagai single parent,

Kerjasama

Ingat pak, bahwa tidak ada yang namanya mantan anak. Bapak dan mantan istri harus kompak menjalankan peran sebagai orang tua, rajin diskusi soal rencana anak, memperhatikan psikis anak dan memastikan segala kebutuhannya terpenuhi, walaupun bapak sudah bukan suami istri lagi.

Selalu Ada 

Bapak harus selalu ada saat anak bapak membutuhkan bapak. Disini bapak harus belajar komunikasi yang lancar terhadap anak, manajemen waktu agar bisa quality time dengan anak, saling mencurahkan kasih sayang terhadap anak. Dengan melakukan hal ini, bapak akan membantu anak bapak merasakan keberadaan bapak di hidupnya.

Bikin Memori Baik

Ketika anak sedang bersama bapak, usahakan agar dia selalu mendapatkan cerita baru. Atau bapak bisa tanya ke anak ada cerita apa belakangan ini. Sesekali bapak bisa kasih surprise juga, jadinya bapak gak ngebosenin dan dikangenin terus sama anak. Intinya selalu bikin memori baik dengan anak bapak, sehingga perpisahan orang tuanya tidak membuat anak bapak jauh dari kedua orang tuanya.

Tetap balance

Buat bapak yang tidak tinggal sama anaknya, biasanya sekalinya ketemu seru sekali pak, sering kebiasaan apa-apa diturutin. Harus agak dikontrol yah pak, tetap mengikuti rambu yang sudah bapak sepakati dengan mantan istri, karena kalo kebablasan nanti terkesan seperti ada good cop - bad cop.

Terbuka

Ketika bapak berniat melanjutkan rumah tangga lagi, pastikan bapak terbuka soal anak bapak, dan partner bapak bisa menerima kondisi bapak. Kalo susah terima atau malah bapak merahasiakan hal ini, alih alih bahagia, yang bapak dapet malah stres karena partner bapak gak support atau lebih parah lagi cemburu sama anak bapak.

Banyak sekali contoh keberhasilan dalam pengasuhan anak di kondisi single parent. Apabila bapak benar-benar bisa memastikan cara pengasuhan yang terbaik untuk anak bapak. Dan perlu diingat juga, komunikasi dengan mantan istri mengenai anak juga menjadi salah satu poin yang penting, pak. Begitulah cara menjalankan peran ayah sebagai single parent berdasarkan pengalaman salah satu warga kami, Pak Toto. Doa Kami selalu menyertai untuk para single parent yang hebat!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
26

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait