Cara Menumbuhkan Kebiasaan Baik untuk Anak Bapak sejak Dini

Bacaan 2 menit

Bapak pasti berpikir-pikir gimana ya caranya biar anak bapak mempunyai kebiasaan baik sejak dini? Tapi tetep yang sering banget kita sampein di Instagram, pak. Anak bapak musti dicontohin. Tapi, apa aja sih yang bisa dicontohin ke anak bapak?

Kebiasaan Makan Sehat

Mencontohkan pentingnya pola makan yang seimbang dan bergizi dengan memilih apa yang bapak makan. Contohnya nih pak, Bapak ngajarin anak bapak untuk makan sayur dan buah. Kebiasaan ini membantu membentuk habit yang bakal berjalan seumur hidup dalam memilih makanan yang bergizi.

Olahraga Rutin dan Teratur

Dengan bapak nyontohin gaya hidup aktif yang gak cuman rebahan aja, hal ini menumbuhkan kebiasaan baik kepada anak dimana anak akan sadar pentingnya menjaga kebugaran fisik. Bapak bisa nyontohin dengan ngajak jalan pagi sekeluarga, sepedaan, atau berenang sama anak bapak. Paling enaknya sih bapak cari tau kesenengan anak bapak, misalkan si anak demennya olahraga sepedaan, berarti bapak coba support dengan nambahin kebutuhan bersepeda anak bapak. Jadinya anak akan menganggap hal ini sebagai kegiatan yang menyenangkan.

Bersikap Baik dan Berempati

Memberikan contoh kebaikan, empati, dan kasih sayang terhadap orang lain mengajarkan anak-anak keterampilan sosial dan emosional yang bakal numbuhin kebiasaan baik. Tindakan kebaikan, baik itu membantu sesama, contohnya memberikan baju yang masih layak pakai ke orang yang lebih membutuhkan. Dengan menunjukkan empati terhadap perasaan orang lain, akan menciptakan lingkungan keluarga yang positif dan peduli.

Manajemen Waktu

Penggunaan waktu yang efisien merupakan salah satu kebiasaan baik yang dapat ditunjukkan oleh bapak. Dengan mengajarkan manajemen waktu anak akan belajar tanggung jawab, contohnya mengajarkan anak datang tepat waktu ke sekolah atau ke tempat les. 

Manajemen Uang

Mulai dari kecil aja, pak. Bapak bisa ngajarin anak bapak nabung. Contohnya, “dedek kalo pas liburan mau beli mainan baru, uang jajannya harus ditabung ya dekk” Ini nanti bisa mengajarkan anak pentingnya menghemat uang dan anak jadi lebih bijak dalam menggunakan uangnya.

Adab

Setelah bapak ngajarin semua yang di atas, ini poin yang ga kalah penting, pak. Karena dari adab ini nanti anak bapak belajar menjadi pribadi yang lebih baik, baik dari tingkah laku maupun tutur kata. Karena pada akhirnya, ini salah satu poin krusial yang bakal kepakai sampe anak bapak tumbuh dewasa nanti.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
24

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait