Cara Merawat Pisau biar Tetap Tajam dan Gak Cepet Karatan

Bacaan 2 menit

Salah satu cara buat menghemat pengeluaran setelah menikah adalah dengan merawat baik-baik peralatan rumah tangga yang sering dipakai. Mau itu kendaraan, peralatan elektronik, sampai peralatan di dapur, salah satunya pisau. Sebenernya gak ada cara khusus buat ngerawat pisau, cuma perlu lebih rapi dan bersih aja.

Menjaga ketajamannya

Buat ngasahnya sendiri bisa pakai pengasah pisau, batu, atau alat lain yang biasa dipakai buat ngasah di rumah. Pengasahan ini tujuannya buat bikin pisau jadi tetap tajam dan prima pas dipakai. Untuk mengasahnya sendiri tinggal digerakkan searah aja pada bagian pemotongnya, lalu lakukan beberapa kali gesekkan. Cara ini juga bisa bikin pisau jadi lebih tahan lama dan saat dipakai bakal lebih aman serta mudah.

Menjaga kebersihan

Kebersihan pisau juga jadi faktor penting biar pisau tetep awet nih. Usahakan langsung cuci setelah dipakai dengan air mengalir dan menggunakan sabun supaya tidak meninggalkan bau. Hindari pisau dari suhu panas apalagi kalo harus memotong makanan yang masih panas, mending pisahin pisau yang khusus buat motong makanan yang masih panas tersebut jadi gak kecampur sama yang lain. Kalo pisau nempel kotoran yang susah banget dibersihin, coba buat rendam pisau dalam air sebelum dicuci biar kotoran tersebut melunak. Rendam aja selama 1-2 menit abis itu baru dicuci bersih.

Menjaga penyimpanan

Penyimpanan pisau juga bisa mempengaruhi ketajaman dan masa pakainya. Makanya saat selesai dipakai, simpan pisau di dalam rak atau laci khusus yang terpisah dari bumbu-bumbu masak dan perkakas logam lainnya supaya gak bergesekan. Soalnya kalo banyak benda yang bergesekan dengan pisau, bakal cepet rusak dan berkarat juga pisaunbya. Nah, sebelum disimpan, setelah dicuci keringkan lebih dulu pisaunya biar gak cepet tumpul di kemudian hari. Biar makin aman bisa juga pakai lapisan pelindung khusus pisau buat mencegah pembentukan karat, atau bisa juga oleskan sedikit minyak 2-3 kali dalam setahun soalnya minyak bisa bantu buat melapisi pisau biar tetap terlindung.

Biasanya justru yang bikin males adalah perawatannya dari pada pas belinya. Jadi kalo udah ngerasa males buat ngerawat, inget-inget lagi pas beli pake duit apa daun.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
215

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait