Cara Milih Mesin Cuci yang Cocok Buat Rumah Bapak

Bacaan 3 menit

Mesin cuci merupakan salah satu perangkat elektronik yang pasti bapak dan keluarga butuhkan. Barang ini sangat krusial baik dari segi kebutuhan pribadi maupun keluarga. Gimana sih cara milih mesin cuci yang cocok buat rumah bapak? Berikut bisa jadi pertimbangannya.

Kapasitas Mesin Cuci

  • Compact / Portable
    Biasanya modelan ini ukurannya lebih kecil dan enteng. Desainnya emang dibuat biar gampang dipindahin.Kapasitasnya juga lebih rendah dibanding mesin cuci standar, biasanya muat 1-3kg cucian. Bapak bisa milih mesin cuci ini kalo bapak tinggal di apartemen atau kontrakan yang punya ruang cuci kecil, atau bapak hidupnya nomaden alias sering pindah-pindah. Keunggulannya adalah konsumsi air dan energi yang lebih rendah sehingga hemat listrik. 

  • Standar
    Model ini lebih gede ukurannya dibanding compact/portable. Kapasitasnya lebih besar juga, biasanya muat 6-7kg cucian. Bapak bisa milih mesin cuci yang ini kalo anggota keluarga bapak makin rame, contohnya bapak sekeluarga ada 4 orang. Modelan ini juga bisa nyuci lumayan banyak cucian dalam sekali cuci. Biasanya juga udah banyak fitur tambahan di mesin cuci modelan ini.

  • High Capacity
    Mesin cuci yang ini ukurannya bisa sama dengan mesin cuci standar atau lebih besar. Kapasitasnya juga biasanya muat 10kg cucian. Kalo mesin cuci ini biasanya sering bapak liat di tempat usaha laundry. Bapak juga bisa milih mesin cuci ini kalo keluarga bapak terdiri dari banyak anggota. Contohnya kalo bapak tinggal di rumah mertua, asumsi bapak berempat ditambah mertua dua orang, jadinya berenam. Kalo bapak tinggal dengan keluarga inti bapak doang, jangan pilih yang ini, pak. Boncos di biaya listrik nanti.

Untuk catatan, kapasitas cucian yang ada di mesin cuci dihitungnya ketika cucian bapak kering. Contohnya,biar mesin cucinya awet untuk kapasitas mesin cuci 7kg bapak cuman boleh masukin sekitar 5-6kg karena bapak harus ngitung debit airnya. Jangan terlalu penuh pak masukin cuciannya, nanti cepet rusak mesin cucinya. Bapak bisa milih mesin cuci sesuai kebutuhan kapasitas yang bapak dan keluarga butuhkan.

Efisiensi Energi

  • Sertifikasi Energy Star
    Biasanya kalo bapak perhatiin barang-barang elektronik ada label Energy Star-nya. Nah label yang diberikan oleh EPA (Environmental Protection Agency) dan Departemen Energi Amerika Serikat ini menandakan bahwa barang-barang elektronik ini udah memenuhi standar tertentu untuk efisiensi energi.

  • Mesin Cuci Efisiensi Tinggi (High Efficiency)
    Mesin cuci Efisiensi Tinggi ini didesain biar dia bisa bekerja dengan deterjen dengan baik dan menurunkan level air jadinya bisa menghemat lebih banyak air. Mesin cuci ini bisa menghemat penggunaan air sebanyak 20-66%. Biasanya mesin cuci ini jenisnya front load.

Performa Daya Cuci

  • AgitatorKalo agitator ini mesin cuci yang muternya menyebabkan turbulensi di air, jadinya lebih ngebantu ngilangin noda dan kotoran. Kurangnya kadang selesai nyuci agak belibet antara satu pakaian dengan pakaian lainnya.

  • Impeller
    Kalo impeller gerakan muternya lebih halus di dalam air ketika melakukan siklus cuci baju. Jadinya lebih cocok ke bahan kain yang halus, karena kualitasnya akan tetap terjaga. Kurangnya adalah teknik membersihkannya kurang efektif karena terlalu halus gerakannya.

Pemilihan ini bergantung pada preferensi bapak juga, jenis pakaian yang sering bapak cuci, dan seberapa bersihnya.Kalo bapak sering banget bikin pakaian kotor dan mengutamakan kinerja pembersihan yang kuat, agitator lebih cocok. Kalo jenis pakaian yang bapak punya ada campuran kain halus, terus cuciannya lebih banyak, dan menginginkan proses pencucian yang lebih lembut, impeller mungkin lebih cocok.

Setelah bapak nentuin pilihan-pilihan di atas, baru deh bapak bisa milih merek mesin cuci dan model yang bapak suka. Semoga artikel ini bisa membantu bapak milih mesin cuci ya, pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 3 menit
Dilihat :
100

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait