Cara Ngadepin Anak yang Susah Mandi

03 Jun 2022

Saya heran, anak-anak kenapa demen banget kalo disuruh main aer, tapi kalo disuruh mandi ampun-ampunan. Rasanya udah 1001 cara saya coba buat ngebujuk anak mandi. Ada sih beberapa yang berhasil pak. Barangkali bapak mau coba praktekin.


1. Beliin pistol aer

Gegara demen banget kecipak kecipuk main aer, anak saya jadi demen koleksi mainan aer juga. Sejauh ini yang paling didemenin sih pistol-pistolan aer buat mancing anaknya mau mandi. Yah, palingan mandinya 2 menit, maenan aernya setengah jam. Kalo belom keriput itu tangan belom keluar kamar mandi keknya.


2. Ingetin, jangan disuruh 

Dibandingin nyuruh anak buat mandi, saya lebih demen ngingetin dulu. Cobain dulu deh pak, ganti kalimat “Mail, mandi sekarang!” pake kalimat “Mail, 10 menit lagi mandi ya” ingetin lagi tuh “Mail, 5 menit lagi mandi ya!”. Perbedaan kalimat ini ngaruh banget, soalnya gak semua anak bisa cepet berubah kalo ngelakuin sesuatu. Lumayan ngurangin drama, pak. Bapak juga jadi lebih kalem ngomongnya dibanding nyuruh-nyuruh. 


3. Pakein kacamata atau topi buat yang anaknya takut ama air

 Tiap anak emang beda-beda ya pak. Saya juga awalnya pan kaget perasaan si kakak aman-aman aja mandi keguyur aer sebadan-badan, eh giliran si adek kok tiap kepala kena aer kelabakan kek kucing kecemplung got. Ternyata ya gak semua anak berani ama aer pak. Jadi kalo si adek mau mandi, peralatannya agak banyakan nih. Kudu pake topi pelindung aer biar anak gak makin trauma sama rutinitas mandi.


4. Sering bacain buku yang temanya mandi

Nah, kadang anak gak mau mandi gegara dia takut ama air, di ingetannya mandi itu nyeremin. Saat semua cara udah dicoba tapi masih tetep kelabakan kalo kena aer, saya biasanya pake pendekatan yang alus, yaitu bacain buku tentang mandi. Ada buku sticker mandi, buku cerita tentang air, atau buku doa-doa pas mandi. Perlu dikasih tau berulang-ulang juga kalo mandi itu nyenengin dan badan jadi bersih ama seger. Mungkin gak langsung kelihatan hasilnya, tapi coba dah seminggu rutinin kasih cerita berulang-ulang tentang mandi, pasti pandangan anak soal mandi bakal berubah. 


5.  Setelin video tentang air

Wah kalo ini cara terakhir banget banget banget dah pak. Kalo buku masih gak mempan, ya ajakin nonton Youtube. Kan banyak tuh mulai dari Cocomelon, Superjojo atau video-video tentang air. Di awal, Bapak bisa sambil cerita proses mandi yang nyenengin buat anak-anak. Bonusnya bapak bisa apal lagu-lagu mandi ala Cocomelon sambil joget-joget baby shark ahahak. Sekalian jadi nge-brainwash anak-anak soal mandi sejak dini, biar kagak ada yang namanya drama pas mau mandi hahaha…

 

Ditulis oleh:
Nyinya
03 Jun 2022
Dilihat :
37

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait