Cara Ngelatih Anak Bapak biar Pede

03 Jun 2022

Nggak semua anak bisa tampil percaya diri. Tapi saya yakin, bapak punya peran penting buat ngelatih kepedean anak. 


1. Kasih tau kalo tiap orang punya karakter beda-beda

Saya percaya kalo tiap anak pasti punya karakter yang beda-beda. Ini yang selalu saya kasih tau ke anak-anak. Beda-beda itu kagak napa, malah bikin dunia jadi tambah seru. Dan anak-anak saya maupun anak-anak bapak gak perlu jadi sama. Jangankan ama temennya, ama sodara kandungnya aja udah pasti beda. Ada anak yang pinter matematika, ada juga yang pinter bahasa inggris. Ada anak yang tinggi, ada anak yang pendek, ada yang kulitnya putih, ada yang kulitnya coklat.


2. Ajarin anak-anak buat ngasi tau perasaannya

Perasaan anak yang malu, takut, senang, ato sedih itu valid ya, pak. Bapak nggak perlu ceng-cengin anak kalo lagi ngungkapin perasaannya. Bapak kalo takut ama kecoak trus diceng-cengin kesel juga pan? Jadi, selama anak mau cerita sama bapak tentang emosi yang dirasain tandanya bagus. Soalnya, kagak semua anak bisa cerita kek gitu. Kalo emang anaknya belom mau cerita tentang perasaannya, bapak bisa kasih pertanyaan pancingan. Kek misalnya “Tadi abis ketemu sama keluarga, gimana perasaan kakak? Seneng nggak?”


3. Kalo anak lagi sedih, malu, atau takut, tunjukin rasa empati

Perasaan anak tuh gak selalu seneng, pak. Jadi, kalo anak lagi bilang sedih, malu atau takut, atau emosi-emosi yang negatif, terima dulu aja ya pak. Bapak bisa tunjukin empati pake kalimat “Oh iya, kepentok itu emang sakit ya” atau “Kakak malu ya abis ketemu sama paman Sukri? Emang kita jarang ketemu mereka sih kak, jadi wajar”. Abis itu tanyain apa kira-kira yang bikin malu atau takut? Ajak mereka buat nyoba sekali lagi, kalo emang kagak mau, bisa dicoba laen kali. 


4. Kalo anak lagi seneng, berani, dan bangga, kasih dukungan

Saya paling demen nih kalo anak-anak lagi seneng, pala gak jadi nyut-nyutan hehe. Nah, buat ningkatin kepedean anak, kalo pas mereka lagi ngerasa seneng, berani, atau bangga gegara abis ngelakuin sesuatu, bapak kudu dukung! Jangan malah diremehin kalo anaknya udah berani ngelakuin sesuatu ya, pak. Kek contohnya “Halah gitu doang mah semua juga bisa!” Eits, belum pernah dislepet sendal ya? Bapak wajib dukung anak-anak ya!


5. Ajarin anak buat afirmasi tiap mau tidur

Inget ya pak, gak semua anak bisa langsung pede di depan orang. Buat munculin kepedean anak, bapak bisa kasih afirmasi tiap anak mau tidur. Afirmasi itu kek semacem kata-kata berulang yang akhirnya nancep di pikiran anaknya. Kalo saya biasanya ngajak anak buat ngomong “Aku berharga, aku berani, aku percaya diri” tiap mau tidur.  Bahkan afirmasi positif ini udah dijadiin terapi buat ngebangun kepercayaan diri orang yang kena bullying. Kalimat yang sama yang diucap berulang-ulang bakal masuk ke alam bawah sadar mereka. Jadinya ngaruh banget sama pembangunan karakter, sikap, dan kepribadian anak ke depannya. Cobain dan buktiin ndiri deh, pak!

 

Ditulis oleh:
Nyinya
03 Jun 2022
Dilihat :
32

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait