Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan Kalo Lagi Burnout Soal Kerjaan

04 Nov 2022

Pernah enggak sih pak ngerasain capek banget di kerjaan dan malah ngehambat kita buat ngerjain pekerjaan itu? Saya sih pernah banget. Kalo kata anak sekarang sih sering nyebutnya burnout. Efek yang dirasain ketika lagi burnout itu enggak cuma bikin kerjaan jadi kehambat, bisa ngeganggu kesehatan mental diri kita sendiri. Makanya, pas udah ngerasa lagi dalem kondisi enggak enak, kita harus cari cara.

Jangan sampe si burnout itu dateng dan bikin makin enggak produktif. Nah, saya mau bagi tips sedikit gimana cara saya ngindarin burnout soal kerjaan nih pak. Kali aja ngebantu bapak-bapak sekalian. 

Berenti sebentar pas udah mentok
Segala sesuatu yang dipaksain itu emang bener-bener kagak baik pak. Dalem hal apa pun ya, termasuk pas maksain buat nyelesein kerjaan yang dirasa udah bener-bener mentok tok tok. Apa efek yang bakal ada kalo maksain kerjaan pas udah mentok?

Saya bakal uring-uringan sendiri dan enggak bisa berpikir jernih buat nyeleseinnya pak. Makanya, pas saya ngerasa udah buntu dan mentok, saya milih berenti sebentar. Biasanya, saya bakal keluar sebentar buat ngehirup udara. Terus, saya nyari sesuatu buat pencerahan dari apa yang saya liat di jalan. Macem-macem sih entah saya liat di baliho, banner-banner di jalanan, atau kalo lagi mager keluar ya sempetin nonton yang saya suka. Jangan dipaksain deh pokoknya pak. 

Enggak bawa beban kerjaan ke rumah 
Bekerja sesuai jam kerja dan pas di rumah beneran fokus sama diri sendiri dan keluarga itu juga ngebantu saya buat ngindarin diri dari burnout gara-gara kerjaan pak. Efeknya bener-bener positif. Soalnya, pas saya enggak bawa beban kerjaan ke rumah, saya jadi bisa tidur cukup dan nyenyak. 

Tidur bisa ngebikin saya jauh lebih fresh pas bangun dan lebih siap ngadepin dunia di besokannya. Makanya, saya selalu coba tuh buat punya waktu tidur yang cukup biar ngerasa lebih seger dan enggak malah jadi burnout pas lagi kerja. 

Latihan mindfulness biar lebih fokus 
Cara lain yang saya pelajarin biar gak burnout dan jadi bagian cara nyegahnya adalah dengan latihan mindfulness. Buat apa sih latihan kaya gitu? Pertama, biar saya tetep fokus pas lagi kerja. Kedua, biar lebih produktif aja setiap harinya. 

Dengan terus latihan mindfulness, saya bakal lebih fokus sama hal yang lagi saya kerjain, termasuk pas waktu nulis artikel biar isinya lebih bagus dan bisa diterima sama bapak yang lagi baca ahehehe. Pas saya lebih fokus pas ngerjain sesuatu, saya bakal ngerasa lebih puas. Ini juga jadi salah satu kunci yang paling sering saya lakuin biar kaga burnout.

Ambil waktu liburan
Sebenernya, kita bisa tau batesan kondisi ketika bakal burnout atau gak. Kalo udah tau hal itu ngeganggu pikiran dan perasaan, salah satu cara yang bisa dilakuin yaitu ambil waktu sejenak dengan cuti atau ambil waktu liburan di akhir pekan pak biar engak kejadian tu burnout yang ngeganggu ke kerjaan. 

Enggak harus pergi jauh, bisa ngelakuin hal-hal yang disuka kok pak, misalnya pergi makan sama orang kesayangan atau liburan sebentar yang bisa bikin otak jadi fresh. Jadi, jangan segan buat ambil cuti ya pak biar jadi lebih produktif. Cuti juga kan hak kita ahehehe.

Makan makanan sehat sama olahraga rutin
Di poin kelima ini, sebenernya saya juga masih tahap buat konsisten. Emang kalo berhubungan sama sesuatu yang ngebikin sehat itu rasanya begitu syulit. Padahal, rajin konsumsi makanan sehat dan olahraga itu enggak cuma ngebantu otak aja, tapi juga badan jauh lebih seger pas beraktivitas.

Nerapin pola makan dan olahraga rutin itu enggak cuma bikin badan sehat, tapi kesehatan mental kita juga. Kalo makan makanan sehat sama olahraga rutin udah jadi kebiasaan, enggak bakal ada tuh yang namanya terpaksa buat ngejalaninnya. Secara kagak langsung juga bapak bakal terhindar dari hal-hal yang ngebikin burnout.

Burnout tuh sebenernya bisa banget dihindarin pak. Cara yang bisa dilakuin enggak mesti cara yang ada di atas ya pak. Namanya kondisi orang kan beda-beda. Saya yakin, kita punya cara masing-masing buat menimalisir hal-hal yang bikin hari-hari jadi enggak produktif dan malah males ngapa-ngapain. Jadi, mari kita lebih menikmati hidup pak.

 

Ditulis oleh:
Nasuha
04 Nov 2022
Dilihat :
55

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait