Cara Ngurus Surat Kematian Biar Bapak Kaga Bingung

Bacaan 2 menit

Kematian merupakan salah satu hal yang tak terhindarkan dalam hidup kita. Ketika keluarga dan kerabat bapak ada yang meninggal, bapak pasti akan mengurus banyak sekali administrasi. Salah satunya adalah surat kematian. Biar bapak kagak bingung, ini saya mau kasih tau cara mengurus surat kematian,

Minta Surat Keterangan Kematian

Ketika ada orang yang meninggal, mau itu keluarga atau kerabat, bapak bisa langsung minta surat keterangan kematian dari Rumah Sakit atau dokter setempat kalo meninggalnya bukan di faskes. Jangan sampe lewat dari hari ketika seseorang itu meninggal, karena takut ngurusnya udah susah.

Bikin Surat pengantar RT/RW

Selanjutnya kalo bapak udah dapet surat keterangan kematian tadi, bapak musti urus surat pengantar dari RT/RW buat keperluan bikin surat kematian di Kelurahan. Biasanya yang dibutuhin adalah KTP Almarhum, KK Almarhum, sama KTP pelapor. Jangan lupa juga buat minta cap sama tanda tangan RT/RW.

Siapin berkas buat ke kelurahan

Bapak bisa langsung ke kelurahan buat dapet surat kematian kalo tahap sebelumnya udah beres. Bawa juga surat pengantar RT/RW, KTP asli dan fotokopi KTP almarhum, KK almarhum, Akta kelahiran almarhum, buku nikah almarhum, surat keterangan kematian dari RS/Dokter, KTP dan KK pelapor sama saksi. Nah, pelapor sama saksi ini dua orang yang beda ya, bisa siapa aja mau anaknya, suami, istri, ipar atau mantu, yang penting udah dewasa.

Bikin Akta Kematian

Proses di kelurahan tadi kemungkinan makan waktu atau bisa selesai sekitar semingguan. Kalo udah beres, bapak bisa langusng ke dukcapil buat bikin akta kematian, ini yang jadi identitas terakhir seseorang, levelnya juga sama kayak akta kelahiran. Untuk berkas-berkas yang mesti disiapin kira-kira sama kayak bikin surat kematian.

Terakhir dan kudu banget diperhatiin!

Tiap surat sama identitas, wajib difotokopi supaya kita punya backup kalo ilang atau diambil sama instansi. Soalnya kalo surat kematian udah keluar, biasanya KTP bakal diambil. Padahal bisa aja keluarga masih butuh KTP Almarhum buat keperluan lain kayak nyelesaiin surat keterangan ahli waris, klaim asuransi, dan lain-lain.

Kira-kira itu pak cara mengurus surat kematian. Ini semua kudu banget diperhatiin dan jan sampe lalai, karena kalo udah kelewatan, duilah ribet banget ngurusnya.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
26

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait