Cara Ngusir Cicak di Rumah Berdasarkan Pengalaman Saya Sendiri

18 Aug 2022

Dulu, pas anak-anak masih kecil, saya seneng banget nyanyiin lagu "cicak-cicak di dinding". Anak-anak juga seneng aja gitu nyanyi barang sambil ketawa-ketiwi. Eh tapi, makin ke sini, makin sering ngeliat wujud aslinya cicak yang nongol di tiap sudut rumah kok jadi ada banget ya gelinya. Emang sih kagak bahaya, kagak gigit juga, sampe pada akhirnya kejadian juga tuh kejatohan cicak dari atep pas lagi tiduran di depan TV. Bikin girep-girep kalo ngebayanginnya ampe sekarang. Hih…

Kagak cuma bikin jijik, kotoran cicak juga nempel di sembarang perabot, lantai, ampe tembok rumah yang awalnya putih bersih. Nah, setelah trial and error cara ngusir cicak, saya bisa share nih cara ampuh ngusir cicak berdasarkan pengalaman.

  1. Ngepel pake karbol sereh
    Awalnya sih saya bingung apa hubungannya. Eh tapi pas dipikir-pikir sambil nyanyi cicak-cicak di dinding, baru paham kalo ternyata cicak itu hidup buat makanin nyamuk. “Hap! Langsung ditangkap”, gitu kan ya? Nah, saya buat ngurangin populasi nyamuk yang jadi makanan cicak, karbol sereh ini cukup ampuh pak. Logikanya, kalo populasi nyamuk berkurang, cicak juga ogah nongkrong di rumah bapak.

    Karbol sereh ini terbilang cukup multifungsi. Jadinya kagak cuma buat ngepel lantai doang, tapi bapak jugabisa semprotin cairan karbolnya di deket jendela ama pintu. Wangi sereh yang tajem ini bikin cicak juga ngibrit pak. Cuma, kudu hati-hati dan agak jauh pas nyemprotnya soalnya bisa bikin noda bercak di tembok atau di kayu. 
  2. Pake jebakan tikus bentuknya lem
    Kalo ini berawal dari ketidaksengajaan pak, tapi beneran ampuh. Jadi, sebenernya saya pengennya jebak tikus yang sering mondar-mandir di dapur. Dikasihlah jebakan tikus yang bentuknya lem, trus di tengahnya dikasih makanan buat pancingan. Eh, tikusnya kagak dapet, yang ada malah para cicak yang kejebak hehe.

    Yaudah, mulai dari situ, kalo nemu tempat persembunyian cicak, saya taroh aja jebakan lem tikus. Biasanya ada di dapur, deket meja makan, sama di ruang tamu. Ditinggal sehari atau dua hari doang aja, pasti udah banyak cicak yang kejebak nggak bisa kabur hehe menang banyak!

  3. Pake racun cicak bentuknya gel
    Saking desperate-nya urusan percicakan ini, saya sampe browsing obat khusus buat ngusir hewan merayap yang satu ini. Ketemulah sama racun cicak bentuk gel. Katanya sih ini didemenin cicak soalnya baunya kek makanan tapi beracun. Pas saya cobain, eh beneran pak ampuh banget bikin cicak bergelimpangan di lantai.

    Jadi, saya taroh itu gelnya di tempat yang biasanya dilewatin sama cicak. Eh besokannya, pada mati di lantai. Yang jadi PR ya beresin bangkainya, soalnya kan beberapa orang pasti udah mundur teratur. Tapi beneran saya puas banget sama racun cicak bentuk gel ini.

  4. Semprotan anti cicak
    Ini senjata ultimate buat yang lihat wujud cicaknya aja geli, apalagi bangkainya. Jadi ya yang paling ampuh semprot aja di tempat yang sering dilewatin ama cicak. Bau cairannya sih emang agak nusuk hidung gitu pak. Jadi lebih baik pake masker pas nyemprotin cairan anti cicak ini.

    Berdasarkan pengalaman saya sih, sejauh ini ampuh buat ngusir. Nah, karena cuma buat ngusir, jadi keberadaan dia masih ada sebenernya pak, cuma pindah tempat doang. Istri saya yang geli banget ama cicak lebih seneng pake semprotan ini dibandingkan kudu buangin bangkai cicaknya.

  5. Pake tembakau
    Kalo bapak demen pake bahan-bahan alami, saya saranin pake tembakau pak. Baunya yang nusuk hidung dan cenderung panas, digadang-gadang bisa bikin cicak ngibrit. Biasanya, saya agak cincang tembakau sampe ngeluarin kayak bubuk atau serbuknya gitu. Selain bikin aromanya makin tajam. serbuknya ini punya sifat racun buat hewan melata. 

Buat eksekusinya, sebenernya bisa aja langsung ditabur di pojokan tembok. Tapi biasanya ngeri kehirup sama orang rumahan atau hewan peliharaan di rumah, makanya saya taroh tembakau di wadah plastik thinwall, trus dibolong-bolongin biar keluar aroma sama serbuknya dikit-dikit. Atau dijadiin cairan semprotan dengan ditambah air sama cuka gitu juga bisa, pak. Asli dah, kagak cuma cicak, semut pun ngibrit! Kekurangannya sih, satu rumah jadi bau tembakau. 

 

 

Ditulis oleh:
Nyinya
18 Aug 2022
Dilihat :
46

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait