Cara Nyiram Tanaman Kesayangan Bapak biar Berumur Panjang

Bacaan 2 menit

Udah ada di fase nyirem taneman sore-sore belom pak? Kalo ini jadi hobi baru bapak, jangan lupa buat perhatiin beberapa hal ini biar taneman kesayangan bapak gak cepet mati.

Bikin jadwal buat nyiram

Waktu terbaik buat nyiram taneman adalah di pagi hari biar taneman punya waktu untuk mengeringkan tubuhnya sebelum malam hari, soalnya kalo taneman dibiarkan tergenang sama air di malam hari justru bakal memicu pertumbuhan jamur. Bisa juga bapak siram pas sore-sore di waktu yang gak begitu terik biar taneman gak kaget pas disiram air.

Siram di bagian akar

Nyiram taneman juga gak bisa asal disiram sampe basah kuyup itu tanaman ya pak. Inget, bagian tanaman yang paling ngebutuhin air adalah akar, jadi pastiin pas nyiram taneman sampe ke tanah dimana akar itu ke tanem. Kalo bapak nyiram taneman ampe basah kuyup banget justru malah akan nyebarin penyakit ke tanaman tersebut.

Perhatikan kualitas air

Sebenernya pilihan air terbaik buat nyiram tanaman adalah dengan air hujan. Soalnya air hujan punya banyak manfaat yang gak bisa dikasih oleh air keran yang biasa kita gunakan. Tapi kalo bapak punya sistem penyaringan air sebenernya jauh lebih baik buat pertumbuhan tanaman. Suhu airnya sendiri disarankan di suhu normal seperti suhu ruang yang gak terlalu dingin atau terlalu panas.

Takaran air harus tepat

Kebutuhan air tiap tanaman pan beda-beda ya pak. Biasanya kalo taneman punya daun yang lebar berarti air yang dibutuhkan lebih banyak, sedangkan kalo tanaman yang punya daun kecil-kecil takaran airnya lebih sedikit. Jadi gak bisa dipukul rata pas disiram.

Pake alat yang sesuai

Nyiram taneman bagusnya pake gembor (watering can) soalnya alat ini udah dirancang dengan corong yang praktis. Kalo bapak pake ember atau gayung justru bakal bikin tanaman jadi berlebihan dapet airnya, yang ada nanti mati.

Jadi jangan asal siram taneman ampe berjam-jam lagi ya pak, taneman juga gak suka sama hal-hal yang berlebihan.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
35

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait