Cara Sederhana Ngebentuk Bonding Bapak sama Anak dari Bayi

Dulu waktu anak pertama saya lahir, saya bener-bener gak tau harus nyiapin apa aja buat jadi seorang bapak.  Ya… namanya baru pertama kali jadi bapak, masih takut-takut buat ngelakuin ini itu. Bahkan pada saat saya diminta gendong anak saya yang baru lahir, saya gak berani. Ngeri banget kalau pas digendong malah keseleo atau kenapa-napa. Makanya selama anak saya bayi, saya gak pernah mau gendong.

Makin hari anak saya makin tumbuh dan berkembang, tapi saya ngerasa kalau bonding saya sama anak gak sekuat hubungan anak sama bapak yang lain. Setelah saya cari-cari ternyata perkara saya gak mau gendong dia pas masih bayi jadi salah satu faktornya. 

Makanya saya mau sharing apa yang saya dapet, biar bonding bapak sama anak bisa kebentuk dari mereka bayi.

1. Belajar gendong anak bapak yang masih bayi

Saya paham banget buat orang tua baru pasti bakal berat, sama kayak saya waktu dulu awal-awal. Tapi, saya saranin mending latihan dari sekarang ya, pak. Kalau perlu ikut training buat tau gimana cara yang bener buat gendong anak. Tujuannya biar anak bapak bisa ngerasain kehadiran bapak di dekatnya. Anggep aja kayak perkenalan awal bapak sama anak pas baru lahir.

2. Kenalin ke anak aroma tubuh bapak

Kalau orang lain nyium bau badan bapak pasti suka risih dan ganggu konsentrasi. Beda sama anak bapak yang masih bayi, yang ternyata harus sering dikenalin sama aroma tubuh bapak. 

Sama halnya kayak bapak kenal seseorang atau pergi ke suatu tempat yang punya aroma yang ciri khas sekali, bapak pasti langsung nginget-nginget pernah cium bau ini dimana. Nah, anak bapak yang masih bayi juga sama, aroma tubuh bapak jadi penanda kalau bapak bukan orang asing buat dia.

3. Sering ajak ngobrol anak bapak

Pak, pernah liat gak ada orang yang suka ngajak ngobrol anak kecil padahal anaknya belom paham apa yang diobrolin? Ternyata metode tersebut pernah diteliti sama Betty Hart dan Todd Risley, kesimpulannya anak-anak yang biasa diajak ngobrol sama orang tuanya dari kecil punya kecerdasan lebih tinggi.

Bukan cuma bisa nambah kecerdasan, sering ngajak ngobrol anak pas masih bayi juga bisa ningkatin bonding bapak sama anaknya. Makin sering anak denger suara bapak, mereka bakal makin kenal dan ngerasa lebih deket.

4. Luangin waktu sesering mungkin sama anak

Salah satu yang saya pelajari selama jadi seorang Ayah adalah masa anak-anak gak akan pernah keulang dua kali. Jadi lebih baik maksimalin waktu yang dipunya bapak bareng keluarga terutama anak. Rasanya bakal beda banget ngeliat perkembangan anak dari mereka lahir sampai mulai masuk sekolah, ketimbang cuma dapet laporan dari istri, anak udah bisa apaan aja.

Makin sering anak liat bapaknya, otomatis anak bakal makin paham dan tau siapa bapaknya. Jadi setelah anak bapak mulai tumbuh dan berkembang, gak bakal kayak anak saya ke saya yang masih ngerasa canggung.

Jadi orang tua artinya bapak harus mau belajar setiap hari, bukan cuma anak bapak aja yang bakal belajar kenal sama dunia barunya. Isi waktu anak bapak semaksimal mungkin biar bonding yang bapak harapkan sama anak bisa lebih kuat.

Ditulis oleh:
Dilihat :
46

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait