Cara yang Bisa Dilakukan Saat Mengalami Reading Slump

Bacaan 2 menit

Reading slump di waktu yang cukup lama emang nyiksa banget, apalagi kalo bapak adalah orang yang sangat suka baca. Reading slump sendiri adalah kondisi dimana bapak diserang rasa malas atau jenuh saat membaca buku di waktu yang cukup lama, hal ini bisa sangat menjengkelkan apalagi jika hasrat membaca bapak tinggi tapi kondisi ini yang bikin malas untuk baca. Beberapa cara ini bisa bapak lakukan untuk mengatasi reading slump.

Mulai dengan bacaan ringan

Kalo biasanya bapak baca buku yang terbilang berat dan tebal, coba untuk mulai dengan bacaan-bacaan ringan seperti kumpulan puisi, cerita-cerita pendek, atau buku-buku cerita punya anak bapak. Anggap aja buku-buku ringan ini sebagai bentuk pemanasan bapak yang udah lama gak baca buku.

Baca buku dengan genre baru

Bapak bisa ganti genre yang biasanya bapak baca dengan genre baru yang belum atau jarang bapak baca. Dengan begitu kegiatan baca bapak bisa lebih fresh, menantang, dan ada pengalaman baru yang bisa bapak rasakan saat membaca genre lain di luar buku dengan genre favorit bapak.

Gunakan media lain

Cara lainnya adalah bapak bisa mengganti media baca bapak yang tadinya buku konvensional menjadi e-book atau audiobook yang lebih mudah dibawa kemana-mana dan dibaca kapan saja. Dengan begini bapak lebih mudah meningkatkan minat baca bapak di waktu-waktu kosong.

Kurangi penggunaan ponsel

Di zaman teknologi yang serba cepat ini ternyata bisa mempengaruhi kualitas membaca bapak. Kalo bapak perhatiin di social media sekarang banyak video-video pendek yang dibuat untuk menarik audience lebih cepat. Hal ini membuat bapak jadi malas untuk membaca hal-hal yang durasinya lebih panjang dan butuh waktu yang lumayan lama. Makanya dengan membatasi penggunaan ponsel terutama social media bisa membantu bapak untuk mengatasi reading slump ini.

Reading slump tuh wajar banget dialamin pak dan waktunya juga beda-beda. Daripada gregetan pengen baca tapi masih kejebak sama kondisi ini lebih baik cobain aja cara-cara tadi.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
53

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait