Macam-Macam Penyakit Tanaman yang Berasal dari Hama

15 Sep 2022

Penyakit yang menyerang tanaman bisa ngeganggu pertumbuhan sama perkembangannya, pak. Nah, penyakit ini disebabin mikroorganisme kaya virus, bakteri, jamur, protozoa, dll. Mikroorganisme ini emang nyebelin banget kaya hama pak. Soalnya sama-sama nyerang bagian tanaman sampai ke bagian daun, buah, batang, sampe ke akar. 

Bapak perlu tau penyakit dari hama tanaman biar ngerti cara nanganinnya. Biar bisa ditanggulangi kalo udah keliatan tanda-tandanya!

Mosaik. Penyakit ini biasanya nyerang tanaman tembakau. Penyebabnya dari virus Tobacco Mosaic Virus atau TMV. Gejala awal yang keliatan kalo tanaman bapak udah kena virus ini biasanya ada bercak hijau muda atau kuning yang udah mulai nyebar. Dampaknya tuh semai bakalan mati, ukuran buah jadi kecil, daunnya bakal ngegulung, sama batangnya jadi berwarna hitam. Cara buat ngatasinnya dengan misahin tanaman yang kena mosaik buat dibakar.

Penyakit Bulai. Penyakit yang biasa disebut downy mildew ini jadi satu penyakit yang biasa nyerang tanaman jagung. Tanda-tandanya kalo tanaman jagung bapak kena bulai yaitu ada bercak yang warnanya kuning keputih-putihan, daunnya makin sempit sama kaku kalo udah ada bercak, nggak tumbuh tongkol, bahkan sampe mati tanamannya. Langkah pertama yang kudu bapak lakuin itu dengan ngamatin tanaman jagung yang usianya 0-3 minggu. Kalo keliatan gejala daun kuning dan kaku, bapak kudu pisahin dari yang belum keserang. 

Penyakit Bercak Putih sama Bintik Hitam. Penyakit ini biasanya disebabkan jamur sama hama. Jadi salah satu penyakit tanaman yang sering nyerang beberapa tanaman kaya anggrek, mawar, atau buncis. Biasanya bakal menyerang daun atau batang di kondisi tertentu, pak. Bercak ini punya ukuran yang beda-beda, ada yang bulet, ada yang keroyokan datengnya, ada juga yang bentuk bercaknya kagak beraturan. Biasanya, jamur ini timbul karna tanaman ada di dalem ruangan yang sirkulasi udaranya jelek. Bapak bisa ngatasinnya dengan atur kelembapan ruangan sama benerin sirkulasi udara jadi lebih maksimal lagi buat tanaman.

Daun Layu dan Akar yang Menghitam. Bakteri patogen ular tanah jadi salah satu penyebabnya, pak. Biasanya punya beberapa karakter kaya sel berbentuk batang, bakterinya berkembang biak di tanah yang lembab, berubah warna daun, sampe batang yang tiba-tiba mati. Biar gak kejadian ada tanaman yang punya daun layu atau akar yang menghitam, bapak harus pilih bibit tanaman yang paling bagus, merhatiin jenis pupuk, sampe ke penyiraman yang dilakuin secara benar. Kalo udah ada yang kaya gitu, bapak tinggal langsung bakar yang busuk. Misahin daun yang layu juga dikerjain ya. Trus, semprot sama pestisida biar kedepannya kagak ada jamur lagi.

Penyakit CVPD. CVPD atau Citrus Vein Phloem Degeneration jadi salah satu penyakit yang nyerang dan ngerusak pembuluh tapis tanaman jeruk bapak karna sebuah virus. Biasanya bakal keliatan tandanya kaya daun jeruk yang makin mengecil, berubah jadi lebih kuning warnanya, sampe bikin pertumbuhan kuncup yang lebih lambat. Kalo tanaman jeruk bapak masih ngalamin gejala CVPD ringan, bapak bisa kasih sementara pake antibiotika oksitetrasiklin yang diinfusin langsung ke jeruk yang masih gejala CVPD ringan, kasih pupuk dan penyiraman yang seimbang juga. Dan, jangan lupa buat karantina bibit jeruk yang masih bagus. 

Dengan mengetahui penyakit-penyakit yang muncul dari hama tanaman bapak bisa kasih penanganan dini, kita juga jadi ngerti mana bedanya hama yang datengnya dari hewan atau dari faktor lain.

 

Ditulis oleh:
Nasuha
15 Sep 2022
Dilihat :
32

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait