Fungsi WD-40 yang Kayaknya Jarang Bapak Tahu

Bacaan 2 menit

Banyak yang belum tau kalau WD-40 itu kepanjangannya adalah Water Dispalcement-40, dulu diciptain buat mencegah terjadinya karat dan korosi pada misil yang mau digunakan perang. Karena formula ini kinerjanya ternyata bagus banget, makanya pegawai di perusahaan antariksa dan senjata itu pada ngebawa pulang kerumah buat dipakai sendiri. Jaman sekarang, WD-40 biasanya digunakan bapak buat penetrant waktu ngelepas baut yang macet atau ngilangin karat doang. padahal fungsinya bisa macem2 lho, pak. Yuk, kita bahas satu2.

1. Ngilangin sticker yang lemnya bandel

Sering banget nih, pak. Bapak punya barang yang udah lama ditempelin stiker, terus pengen bapak bersihin, soalnya bapak udah bosen. Tapi, pas bapak cabut stikernya, ternyata susah banget. Eh, pas udah kecabut semua, lemnya malah ketinggalan. Nah, bapak bisa semprot pake WD-40 sedikit, terus di lap pake kain bersih. Beres tuh, pak. Jadi kinclong lagi, kaya baru.

2. Membantu bapak menyalakan api

Pas lagi ngumpul sama keluarga, bapak iseng pengen bakar2 atau api unggun. Tapi mau nyalain kayu bakar, ternyata susah banget kebakarnya. Tenang, pak. Bisa dibantu pake WD-40. Semprot aja sedikit di kayu atau arangnya. WD-40 ini sifat dasarnya emang mudah terbakar, pak. Jadi bisa ngebantu bapak nyalain api. Tapi, buat keamanan bapak jangan nyemprot pas udah ada apinya ya. Sebelumnya aja, baru bapak nyalain pake korek biar aman.

3. Mengkilapkan dan membersihkan cermin

Biasanya cermin kamar mandi bapak yang sering jadi butek dan dekil banget. Terutama di bagian yang sering kena cipratan air. Akibatnya timbul bercak2 putih yang kadang sampe keliatan berkerak. Nah, gampang, pak. Bapak tinggal semprot aja WD-40 ke cermin bapak. Lalu, gosok pakai lap kering. Gak cuma di kamar mandi ya, pak. Cermin lain di rumah bapak juga bisa dibersihin, efeknya jadi mengkilap lagi kaya baru beli.

4. Membersihkan kotoran tinta atau crayon di meja belajar anak

Pas banget nih, buat bapak yang punya anak balita yang lagi aktif2-nya. Pasti suka corat-coret sampe semua meja juga ikutan digambar. Kalau dibersihin cuma pake air sabun doang, kaga bakal bisa bersih pak. Solusinya, bapak bisa bersihin pake WD-40 ya, pak. Disemprot aja mejanya, terus dilap sampe bersih. Baru setelahnya di cuci sama air sabun biar kaga ada bekas WD-40 nya.

5. Menghilangkan bekas permen karet

Sering banget kejadian bapak sepatunya nginjek atau kaga sengaja ngedudukin permen karet. Terus bapak nyoba bersihin, tapi susah buanget ilangnya. Nah, bisa dibantu pake WD-40 bersihinnya, pak. Digosok aja dikit2 sambil disemprot pelan2, ntar bisa ilang kok nodanya.

Ditulis oleh:
Tio Buyung upik
Bacaan 2 menit
Dilihat :
518

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait