Hal-Hal Sulit Yang Harus Bapak Lakukan Untuk Meraih Kesuksesan

Bacaan 2 menit

Sukses merupakan impian dari semua orang. Tapi untuk menjadi sukses, ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kalo bapak mau sukses mesti ada hal-hal sulit yang bapak harus lakukan untuk meraih kesuksesan tersebut. Apa aja sih hal tersebut?

#1 Memulai

Bapak punya banyak banget ide dan konsep, tapi yang bapak jalanin? Gak ada sama sekali. Mantap! Saya ngerti banget, kalo memulai itu adalah bagian yang paling berat. Pengalaman saya, biar bisa dijalanin, ambil small steps dulu. Karena small steps lebih baik daripada tidak ada progress sama sekali. Yang penting apa? Yak betul, mulai dulu.

#2 Berani Bilang Enggak

Sebisa mungkin ini salah satu skill yang harus bapak bisa kuasain. Memang akan sulit, apalagi kalo bapak orangnya kaga enakan. Tapi yang udah udah, sesuai hukum alamnya, orang yang kaga enakan selalu jadi korban. Karena mereka seringkali dimanfaatin. Sikap gak berani bilang enggak gini, gabakal bawa bapak kemana-mana.

#3 Menghadapi Kegagalan

Sukses itu gak terjadi dalam satu hari, pak. Yang namanya gagal itu udah normal banget dan bapak perlu ingat, kadang yang gagal itu rencana dan eksekusinya, bukan orangnya. Kalo bapak gagal juga, bapak bisa ngambil hikmah dari pengalaman yang ada dan bisa jadiin itu bekal buat ke depannya. Setelah itu bapak bisa menata ulang rencana dan set ekspektasi yang sesuai dengan kejadian di lapangan. Jangan mudah putus asa, pak.

#4 Disiplin

Orang sukses itu disiplinnya gila sekali. Bapak bisa coba mulai disiplin dari satu hal kecil dulu, contohnya bangun pagi. Karena dari situ turunannya akan banyak sekali, bapak akan disiplin tidur lebih teratur, sarapan tepat waktu, disiplin olahraga dan bekerja. Enak sepi, pak. Selain belum ada email, telpon atau chat masuk. Suasana di pagi hari juga bisa bikin bapak lebih bersemangat.

#5 Terus Merasa Kalau Diri Ini Bodoh, Selalu Haus akan Ilmu dan Wawasan

Salah satu awal dari kehancuran adalah ketika kita sudah merasa pintar. Kita akan jadi lalai, menyepelekan sesuatu dan tidak up-to-date sama kondisi terkini. Konsepnya sama seperti Dunning-Kruger effect, kadang kita merasa "tau" akan sesuatu karena kita merasa pintar atau telah banyak belajar mengenai hal tersebut dan bersikap close-minded. Di era sekarang yang dilengkapi dengan kemudahan akses internet, semua bisa bapak cari disana. Kalo bapak males nyari tau, keterlaluan banget sih.

#6 Tahan Sama Rasa Bosan

Balik lagi, suksesnya bapak tidak akan terjadi dalam waktu yang singkat. Bapak akan mengalami repetisi yang begitu-begitu aja, dan mungkin berhari-hari, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Dan bapak tau hal tersebut penting. Bosan itu wajar bener, tapi jangan sampai bapak terlena dan bikin bapak jadi males.

Memang poin-poin di atas tergolong sulit, tapi memang semuanya butuh proses, pak. Mungkin sebagian dari bapak yang baca artikel ini udah melewati hal-hal sulit yang dibutuhkan untuk meraih kesuksesan. Dan balik lagi pengalaman setiap orang pastinya akan berbeda, jadi kalo bapak punya pengalaman lain yang berkaitan dengan cara menuju sukses, bisa sharing ya pak! 

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
77

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait