Hal-Hal Yang Bapak Harus Lakukan Kalau Bapak Punya Banyak Utang

Bacaan 2 menit

Harapannya sih kalo bisa utang bapak lunas semua. Manage utang itu penting banget. Apa lagi kalo bapak banyak sekali dan dimana-mana utangnya. Jangan sampai bapak jadi hancur karena urusan utang-utangan begini. Ini beberapa hal yang harus bapak lakukan kalau bapak punya utang.

Bikin List Daftar Utang

Biar rapi dan tersusun dengan baik. Terus kaga ada nama yang keliwat. Coba pak diinget-inget bapak utang sama siapa aja. List ini bakal ngebantu supaya bapak tau utang mana yang sudah mau jatuh tempo.

Tentukan Skala Prioritas Utang

Kalo list tadi udah selesai, bapak bisa urutin juga sesuai dengan skala prioritasnya. Bapak harus bisa menentukan skala prioritas utang mana yang paling penting. Contohnya gini, bapak punya cicilan mobil dan rumah, kalau manfaat mobil cuman buat gaya doang ya buat apa dipertahankan, mending dijual dulu aja, terus bapak ganti sama motor. Dahulukan cicilan rumah yang skala prioritasnya lebih tinggi.

Berhemat

Mungkin salah satu alasan kenapa bapak banyak utang itu karena bapak hidupnya hedon sekali. Bergaya tidak sesuai kemampuan. Kalo sekarang, mau ga mau, suka ga suka, bapak harus mulai berhemat. Kalo ke kantor bapak bisa bawa bekal dari rumah dan botol minum sendiri. Kalau bapak biasanya rutin nongkrong, ya dikurangin. Kalau biasanya tiap minggu jalan sama keluarga, ya mesti dikurangin juga. 

Uang kaget (rejeki yang dateng tiba-tiba) untuk bayar utang

Upayakan kalau setiap dapat uang kaget, langsung alokasikan buat membayar utang, jangan keburu buat bapak seneng-seneng. Semaksimal mungkin tekan rasio hutang bapak. Seneng-senengnya bisa ntar-ntaran.

Restruksturisasi utang

Lebih baik ajukan restrukturisasi hutang ke perusahaan tempat bapak meminjam (kalau bisa). Jangan pernah lakukan metode gali lobang tutup lobang ya pak, apalagi penjem dari pinjol, ga akan menyelesaikan masalah. Banyak bener warga yang pada DM soal pinjol ini ke IG kami. Sadis dan jahatnya minta ampun.

Itulah hal-hal yang bapak harus lakukan kalau punya utang. Memang dalam pengaplikasiannya tidak semudah yang dijelaskan di artikel, tapi ini saya kasih tau satu hal pak, fokus ke tujuan akhir hidup tanpa hutang. Dijamin bapak lebih bahagia, tidur lebih nyenyak dan menyehatkan.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
56

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait