Hal-Hal yang Jarang Diajarkan Orang Tua ke Anak Laki-Lakinya

Bacaan 2 menit

Orang tua yang punya anak laki-laki terbiasa dengan cara didik yang tidak seketat anak perempuan mereka, bahkan ada beberapa yang dianggap sepele yang akhirnya akan jadi serius saat mereka sudah dewasa jika tidak diajarkan dari kecil. Berikut beberapa diantaranya.

Membiasakan untuk bantu pekerjaan rumah

Dari dulu mungkin kita sering mendengar kalo urusan rumah biar perempuan aja yang lakuin. Padahal sebenarnya pekerjaan rumah tidak melulu harus perempuan yang mengerjakan. Makanya tidak heran sekarang banyak banget yang mengkategorikan kalo perempuan gak bisa masak, beres-beres, dan sebagainya dinilai sebelah mata. Sedangkan laki-laki yang tidak bisa hal-hal tadi justru diwajarkan. Biar anak gak mikir hal kayak gini, orang tua punya tanggungjawab untuk mendidik mereka dengan meminta mereka buat bantu pekerjaan rumah, semakin sering mereka melakukannya semakin terbiasa dan semakin mandiri mereka saat harus jauh dari rumah.

Mengatur emosi yang mereka punya

Siapa sih yang bilang kalo anak laki-laki gak boleh nangis? Yang kayak gini justru bisa bikin emosi mereka ketahan loh. Tapi bukan berarti emosi mereka harus diluapin dengan cara berlebihan, makanya perlu banget buat orang tua mengajarkan anak buat atur emosi yang mereka rasain kayak marah, nangis, seneng, sedih, dan lain sebagainya.

Kasih contoh buat perlakuin perempuan dengan baik

Anak tuh peniru segala perilaku, ucapan, sampai kebiasaan-kebiasaan orang tuanya. Jadi kalo orang tua gak contohin hal-hal yang baik, mereka gak akan tau dengan sendirinya. Apalagi buat berperilaku ke lawan jenis, ada baiknya bapak kasih contoh dengan bertutur kata lembut ke istri atau membantu istri tanpa diminta kalo dia lagi kesulitan. Anak yang liat orang tuanya kayak gini pasti bakal cepet nangkep dan langsung dipraktekin.

Kasih penolakan biar gak manja

Punya anak laki-laki pasti bakal jadi hal yang paling bapak banggain banget, kan. Apalagi kalo anak tersebut adalah anak laki-laki satu-satunya yang apa-apa pasti dikasih tanpa ada penolakan dari orang tua. Coba deh pak, bu, buat nolak keinginan mereka sesekali jangan semuanya diturutin biar mereka bisa ngerasain perasaan kecewa karena penolakan sekaligus supaya gak dimanjain terus-terusan. Kalo pun diturutin keinginan mereka, ajari mereka buat tanggungjawab juga sama hal tersebut.

Mau anak laki-laki atau perempuan didikannya harus sama sesuai porsinya dan sesuai sama kebutuhan mereka nanti saat dewasa.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
322

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait