Hal-hal Penting yang Perlu Bapak Kuasai Sebelum Mulai Usaha

Bacaan 2 menit

Sebelum bapak mulai usaha, ada banyak hal yang perlu bapak kuasain. Selain skill pengelolaan usaha yang mantap, ada poin-poin lain juga yang enggak kalah penting buat dipahami. Soalnya bangun usaha dari nol tuh butuh kombinasi berbagai macam pengetahuan dan keahlian yang pas biar usaha bisa bertahan lama. Jadi saran saya, bapak kudu kuasai hal-hal kayak gini juga.

  1. Pengetahuan Produk dan Layanan
    Poin penting saat mulai usaha adalah bapak kudu paham produk atau layanan yang bapak bikin tuh kayak gimana. Bapak juga kudu bisa memvisualisasikan produk dan layanan itu dengan baik. Poin ini penting loh pak. Kalo bapak mau buka usaha jualan cilok tapi bapak enggak ngerti cara bikin cilok dan apa aja bahan yang dibutuhin kan kagak lucu juga. Ntar bapak malah enggak bisa ngasih produk dan pelayanan terbaik buat pelanggan.

    Jadi bapak kudu paham seluk beluk produk dan layanan yang bapak bikin sebelum mulai usaha. Ini pengetahuan dasar pak. Enggak ada pemilik usaha sukses yang kagak paham produk dan layanannya. Ini juga salah satu bentuk kepedulian sama usaha yang dibangun sendiri soalnya. Masa iya Elon Musk bikin Tesla enggak paham cara kerja mobil listrik. Pastinya enggak dong pak.

  2. Networking
    Networking ini juga salah satu kunci suksesnya jalan usaha. Kalo networking nya lancar, usahanya juga sat set sat set. Meskipun networking enggak sepenuhnya berperan buat kesuksesan usaha, tapi dari networking bapak bisa belajar banyak hal juga. Siapa tau dari networking bapak dapet projek baru atau investor kan ya pak.

    Bapak bisa nih ikut acara-acara yang sesuai sama usahanya bapak. Sekarang pemerintah sering banget bikin acara yang fokusnya untuk mendukung UKM dan UMKM, pak. Jadi bapak bisa deh ikut acara buat networking.

  3. Pengelolaan Keuangan
    Yang satu ini poin yang enggak bisa ditoleransi. Pengelolaan keuangan itu penting banget buat usaha soalnya. Banyak banget usaha, mau kecil mau gede sekalipun, bisa jatuh kalo enggak jago kelola keuangan. Jadi bapak kudu belajar kelola keuangan usaha nih kalo mau mulai bikin usaha. Apalagi kalo baru mulai gini rawan banget kondisi keuangannya. Jadi kudu pinter-pinter atur uangnya.

    Tipsnya bapak urutin prioritas usaha yang kudu diduluin. Jadi enggak langsung keluar banyak duitnya. Habiskan duit buat hal yang paling penting dulu. Kalo mau usaha jualan cilok, ya bapak siapin alat masaknya sama bahannya dulu. Jangan langsung ngiklan di facebook padahal barangnya aja belum ada. Ya boncos ntar bapak. Jadi kudu ati-ati banget nih kelola prioritas dan keuangan usaha.

  4. Bikin Rencana Usaha yang Jelas
    Rencana usaha tuh penting banget pak. Enggak boleh dilewatin ini. Kalo kelewatan ntar bisa ambyar jalanin usahanya. Mulai dari rencana apa aja yang kudu disiapin, berapa modal yang dibutuhin, sampe gimana cara jualin produk atau layanannya tuh bener-bener kudu dirancang. Tujuannya biar ada langkah-langkah yang jelas dan bapak jadi lebih paham kudu ngapain biar usahanya jalan.

  5. Multitasking 
    Yang paling penting dan juga yang paling berat, bapak kudu menguasai multitasking pak. Beneran deh yang satu ini berat banget. Soalnya mulai usaha dari nol tuh bapak ngelakuin hampir semuanya sendiri. Tapi enggak apa pak, kalo bapak jago networking ntar lama-lama bapak akan dikenalin dengan tim-tim yang tepat buat membangun usaha lebih lancar.

Poin-poin penting di atas coba dipelajari dulu sebelum mulai usaha. Biar ntar proses jalannya usaha bisa lebih lancar dan bapak juga lebih gampang gedein usahanya.

Ditulis oleh:
Girly
Bacaan 2 menit
Dilihat :
230

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait