Hal yang Bisa Bapak Lakuin Agar Anak Enggak Jadi Perundung (Tukang Bully)

12 Sep 2022

Saya suka sedih kalo liat berita mengenai anak-anak yang jadi korban bully belakangan ini. Ngebayangin traumanya pasti bakalan ngebekas sampe dewasa. Tapi lebih ngeri lagi kalo tau anak bapak sendiri ternyata yang jadi perundung (tukang bully). Amit-amit ya pak, jangan sampe anak kita tumbuh jadi anak yang suka ngebully orang lain. Biar kagak kejadian, saya mau sedikit sharing tips-tips biar anak kagak jadi tukang bully. Alhamdulillah pak, ini berhasil di anak-anak saya. 

Jangan Ngeremehin Anak. Jangan biasain ngeremehin anak di rumah ya, pak. Sekecil apa pun remehannya, jangan sekali-kali jadiin becandaan juga. Misalnya, pas anak lagi nangis gara-gara permennya jatoh, eh bapak malah bilang “Ih gitu aja nangis”. Nah yang kayak gini termasuk ngeremehin, pak. Emang cuma permen, tapi buat anak kan itu kesukaannya jadi hal wajar banget kalo mereka nangis.

Jangan Pernah Ngejek Anak. Ini juga hal yang sering orang tua lakuin tapi kagak sadar kalo dilakuin. Contohnya nih pas anak kagak mau mandi biasanya bapak gak sadar bilang, “Ih adek jelek ih, belum mandi”. Kayak gini jangan ya, pak. Keliatannya lucu buat becandaan, tapi otak anak tuh ngerekam semuanya dan otak anak tuh belum bisa bedain mana yang becanda mana yang beneran. Ngejek anak biarpun keliatannya sepele menurut bapak, tapi kenyataannya itu bisa nurunin kepercayaan diri anak. Bisa juga dia nanti ngejek ke anak lain karena menurut dia itu cuman sekedar becandaan. 

Bebasin Anak Berekspresi. Pak, pastiin buat ngebebasin anak berekspresi ya. Soalnya, ini bisa ngebantu anak nunjukin dan ngenalin emosi mereka. Anak juga jadi lebih gampang kontrol emosinya pak. Manfaatnya di masa depan juga banyak kayak anak jadi lebih terkontrol pas kesal, marah, bahkan sedih. 

Hindari Marahin Anak di Depan Umum. Penting banget buat gak marahin anak di depan umum. Yang kek gini bisa bikin anak gak nyaman. Marahin anak di depan umum juga bisa nurunin kepercayaan diri anak. Inget pak, kalo emang bapak perlu marahin anak pas di ruang publik, sebaiknya pilih area yang gak terlalu rame. Jadinya, bapak bisa ngobrol dengan tegas tanpa harus bikin anak ngerasa malu.

Hindari Badmouthing Orang Lain di Depan Anak. Jangan biasain ngomong kejelekan orang lain pas lagi ada anak ya, pak. Biasanya nih pas bapak sambat tentang atasan bapak ke istri, anak bisa aja kagak sengaja denger. Karena otak anak bisa ngerekam, nanti khawatirnya mereka juga ngikut badmouthing orang lain, soalnya menurut anak itu hal wajar yang dilakuin di rumah. Lebih bagus lagi kalo bapak kaga badmouthing orang sama sekali. Asli keren, Pak.

Ajarin Anak untuk Mengenali Emosi dan Cara Mengendalikannya. Penting nih buat semua manusia bisa ngenalin emosi yang dirasain dan belajar ngendaliin emosinya. Ini salah satu kunci hidup lebih tenang soalnya. Anak juga perlu diajarin begini, pak. Biar kalau mereka ngerasa kesel, mereka juga bisa menyalurkan kekesalannya dengan baik. Bukannya malah ngelakuin hal buruk ke orang lain.

Tegur Anak Pas Ngelakuin Kesalahan ke Orang Lain. Hal yang juga penting dan wajib dilakukan sama bapak adalah langsung negur anak pas mereka bikin salah ke orang lain. Jadi, bapak kudu langsung menindak dan menasehati. Perilaku kayak kasar ke orang lain, kagak sopan ke orang lain, dan nyakitin orang lain tuh bener-bener kudu ditindak sejak dini. Jangan sesekali ngeremehin cuma gara-gara yang ngelakuin anak kecil, ya pak. 

Oh iya, sama satu tips lagi buat anak yang udah agak gedean. Bapak bisa ngasih aktivitas atau kegiatan yang bikin anak tertarik. Bisa dengan dukung hobi si anak, ajak mereka ikut les musik, sekolah sepakbola atau apa kek biar kagak nganggur. Jadi biar mereka bisa sibuk ngerjain yang mereka suka dan kagak ada waktu buat nge-bully orang lain. Ngajak anak banyak aktivitas bareng juga bisa nambah wawasan dan ngebantu anak buat lihat kehidupan dari jendela yang lain, pak.

 

Ditulis oleh:
Girly
12 Sep 2022
Dilihat :
32

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait