Hal Yang Bisa Adik Cobain Pas Jadi Mahasiswa Biar Nggak Nyesel

Bacaan 4 menit

Disaat apa kalian sadar bahwa menjadi seorang mahasiswa merupakan sebuah privilege?

Berdasarkan hasil sensus penduduk terbaru tahun 2020, komposisi penduduk Indonesia didominasi oleh Gen Z (lahir pada tahun 1997-2012) yaitu sebanyak 74,93 juta jiwa serta sekitar 57% diantaranya mengenyam bangku perkuliahan. Lumayan banyak juga yaa… Fenomena ini menjadikan beberapa orang berpandangan bahwa seorang anak yang berkuliah adalah hal yang biasa karena sudah banyak sekali orang-orang yang berkuliah juga. Hal ini biasanya terjadi di daerah ibu kota, mayoritas orang sudah mencicipi bangku kuliah. Karena sudah menjadi hal yang lumrah, banyak yang tidak menyadari bahwa menjadi seorang mahasiswa ternyata memiliki keistimewaan tersendiri, bahasa kerennya yaitu privilege

Banyak sekali pintu yang terbuka bagi mahasiswa untuk belajar berbagai hal. Nggak melulu tentang akademik atau teori, justru kita harus mengasah hal-hal yang bersifat soft skill seperti kemampuan berkomunikasi dengan baik, bekerja sama dalam tim, kreativitas, kepemimpinan, manajemen waktu, dan masih banyak lagi. Soft skill tidak bisa didapatkan hanya dengan berdiam diri memahami teorinya saja, perlu dipraktikkan dan dilatih secara konsisten. Oleh karena itu mahasiswa perlu aktif mencari pengalaman di luar kelas bahkan luar kampus. Banyak program-program keren yang dibuka dan dikhususkan untuk mahasiswa. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang menurut saya bisa kalian coba selama menjadi mahasiswa biar nggak nyesel:

Ikut kegiatan magang/intership

Akhir-akhir ini kegiatan magang lagi naik daun dan menjadi kegiatan yang dipilih banyak mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman di dunia kerja. Pamor kegiatan permagangan ini semakin naik karena adanya program dari Kemendikbud yaitu Kampus Merdeka. Mayoritas kampus sudah menerapkan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dimana perguruan tinggi memberikan fleksibilitas kepada mahasiswa untuk belajar sesuai dengan kebutuhannya. Beberapa jurusan juga mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan magang sebagai salah satu syarat kelulusan. Benefit ikut kegiatan ini juga banyak sekali diantaranya menambah pengalaman di dunia kerja, membangun koneksi/relasi, mengasah soft skill, dan kalau beruntung kalian bisa mendapatkan penghasilan tambahan bagi beberapa perusahaan yang memiliki sistem magang berbayar atau paid intership.

Ikut kegiatan organisasi, kepanitiaan atau volunteer

Ketiga kegiatan ini saya jadikan satu poin karena memiliki beberapa kemiripan. Banyak sekali organisasi, kepanitiaan atau volunteer yang terbuka untuk mahasiswa. Didalam organisasi biasanya terdapat berbagai event yang membutuhkan panitia serta volunteer untuk menyukseskan acara mereka. Sebagai seorang mahasiswa, kalian pasti tidak asing dengan organisasi mahasiswa karena di semua kampus memiliknya. Banyak juga organisasi, kepanitiaan dan volunteer yang berdiri di luar kampus. Kesempatan untuk mendapatkan pengalaman disana terbuka lebar untuk dapat kalian cicipi. Saran saya, pilihlah kegiatan yang sesuai dengan passion atau hal yang kalian senangi. 

Jadi asisten laboratorium/praktikum atau asisten dosen

Wah kalau yang satu ini saya rasa tidak semua mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk mencoba pengalaman ini. Tiap jurusan memiliki sistem yang berbeda, ada yang memiliki laboratorium namun tidak memerlukan asisten, ada juga yang memerlukan asisten laboratorium, ada yang di jurusan tertentu dosennya tidak terlalu membutuhkan asisten, ada juga beberapa dosen yang memerlukan asisten. Kalau kalian memiliki kesempatan tersebut, tidak ada salahnya kalian mencobanya. Selain bisa deket sama bapak ibu dosen, banyak keuntungan yang kalian dapatkan diantaranya kalau menjadi asisten laboratorium punya privilege untuk menggunakan laboratorium, mendapatkan materi pembelajaran dari dosen yang hanya diikuti oleh asisten, belajar berbagai hal dari berbagai sumber dan lainnya. Banyak juga mahasiswa yang mendapatkan tambahan uang jajan, memiliki koneksi dengan dosen yang kalau kalian beruntung bisa saja mendapatkan pekerjaan dari dosen tersebut.

Ikut kompetisi

Kompetisi di berbagai bidang terbuka luas untuk dapat kalian coba. Sesuaikan antara bidang yang akan kalian ikuti dengan kemampuan kalian masing-masing. Benefit yang akan kalian rasakan ketika mengikuti berbagai kompetisi ini yaitu melatih rasa percaya diri kalian. Beberapa kompetisi akan memungut biaya pendaftaran, namun tidak sedikit juga kompetisi yang dapat kalian ikuti dengan percuma alias gratis. Ada beberapa fakultas dan organisasi yang memiliki anggaran dana kompetisi yang ditujukan untuk mahasiswa yang ingin mengikuti kompetisi. Nah, pendanaan ini bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk kalian yang bersungguh-sungguh mengikuti kompetisi tersebut. Di awal-awal ikut kompetisi niatkan saja untuk mencari pengalaman dan menguji karya kita, anggaplah juara atau tidak itu adalah bonus ke sekian. Kemampuan kalian akan terus bertambah seiring waktu, kuncinya adalah usaha dan konsisten!

Ikut program pertukaran mahasiswa

Program yang satu ini terbuka lebar untuk kalian para mahasiswa yang ingin menambah pengetahuan dan pengalaman baru di kampus lain. Mulai dari antar kampus dalam negeri maupun luar negeri. Kegiatan ini juga sebagai sarana bagi mahasiswa yang ingin memperluas koneksi dengan mahasiswa dari berbagai daerah atau berbagai negara, mempelajari keragaman budaya, dan masih banyak lagi. Biasanya kegiatan ini dibuka hanya pada periode tertentu saja, jadi mahasiswa harus jeli dan gercep dalam mencari informasinya.

Selain ikut kegiatan yang sudah saya sebutkan tadi, ada privilege lain nih yang dimiliki oleh seorang mahasiswa. Sedikit cerita tentang gambar diatas, beberapa waktu lalu, saya kembali tersadar bahwa menjadi seorang mahasiswa memiliki keistimewaan tersendiri. Saya mahasiswa tingkat akhir yang telah menjalani kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Selama KKN di sebuah desa, banyak program yang kami ikuti dan kami bangun. Banyak pelajaran berharga yang saya ambil dari kegiatan ini, beberapa diantaranya saya belajar dari kesalahan yang saya lakukan. Apakah warga setempat marah ketika ada program kami yang gagal atau anggota kami membuat kesalahan? Tidak, mereka memaklumi karena kami masih mahasiswa dan masih belajar. Sehingga membuat kesalahan (selagi nggak fatal banget-bangetan) mereka tetap memaklumi dan masih menerima kami dengan senang hati. Belajarlah dari pengalaman dan kesalahan. Disini juga letak privilege menjadi seorang mahasiswa.

Cerita lainnya ketika saya magang di sebuah perusahaan logistik, karyawan disana baik-baik bener dah. Saya diajari berbagai hal yang belum pernah saya lakukan sebelumnya. Terkadang saya merasa kesulitan untuk mengikuti dinamika perusahaan, namun mereka dengan sabar dan telaten membimbing saya. Saya sedikit melambat ketika mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian karena saya hati-hati dan takut membuat kesalahan. Lagi-lagi mereka memahami bahwa kita sebagai mahasiswa yang sedang belajar menyesuaikan ritme di dunia kerja. Beruntung sekali saya mendapatkan tempat magang dengan orang-orang yang sangat pengertian dan sabar. Banyak sekali pembelajaran yang saya ambil di kegiatan ini, mulai dari bertanggung jawab terhadap tugas, bekerja sama dalam tim, komunikasi organisasi, penentuan strategi dan masih banyak lagi.

Menjadi seorang mahasiswa adalah kesempatan yang perlu kita gunakan dengan baik. Jangan hanya menunggu kesempatan datang, terkadang kita perlu menjemputnya untuk hadir ke dalam hidup kita. Jangan takut untuk mencoba, jangan takut berbuat salah. Kalau salah dan belum berhasil, ya belajar, dan coba lagi. Semangatt!!!

Oiyaaa, jangan lupa untuk mengikuti kegiatan sesuai dengan kapasitasmu yaaa..

Ditulis oleh:
Miaww cookies n cream
Bacaan 4 menit
Dilihat :
448

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait