Hal Yang Mesti Bapak Ketahui Mengenai Safar (Bepergian Jauh)

Bacaan 3 menit

Safar itu adalah kondisi ketika bapak pergi keluar ninggalin rumah atau kampung halaman bapak dengan maksud tertentu menuju tempat yang jarak antara tempat bapak dengan tempat tujuan ngebolehin bapak buat meng-Qashar sholat, dalam buku-buku fikih ulama disebutkan sekitaran kurang lebih 48 mil atau 85 km. orang yang sedang bersafar disebut musafir, kita pasti pernah berada dalam kondisi bersafar entah buat liburan, kerjaan diluar kota, pulang kampung atau mudik, nah karna sebentar lagi kita bakalan masuk bulan Ramadhan dan biasanya pada pertengahan sampe akhir Ramadhan tuh banyak warga yang mudik buat silahturahmi dan ngerayain lebaran dikampung halaman bersama keluarga, berikut hal-hal terkait safar yang mesti bapak tahu:

Macam-macam safar

Kalo diliat dibuku fiqih safar ada macam-macamnya pak, dikategorikan mulai dari safar wajib, safar sunnah, safar mubah, safar haram dan safar yang makruh. Contoh dari macam-macam safar tadi bisa bapak cek di buku-buku fiqih ya pak, Nah mudik termasuk ke dalam kategori safar yang mubah/boleh. safar mubah adalah safar perjalanan untuk ngelakuin hal-hal yang dibolehin secara agama kayak buat dagang, liburan, mudik atau pulang kampung untuk silahturrahmi bersama keluarga.

Keringanan saat safar

Safar juga disebut Sebagian dari adzab, maksud adzab disini adalah kesusahan, karna orang yang sedang bersafar biasanya akan ngerasain banyak kesusahan dan ketidaknyamanan pak, mulai dari hujan panas, terganggunya makan, minum dan tidur bapak. Biasanya bapak tidur nyaman banget di spring bed nan empuk bapak tapi selama perjalanan bapak harus tiduran dimobil bapak yang jok nya keres banget. Belum lagi medan yang sulit, jalanan ke kampung bapak mungkin harus naik turun gunung lewati lembah kayak ninja hatori. Oiya dan juga karna kesusahan selama perjalanan ada ungkapan “Safar itu menyingkap sifat dan akhlak asli manusia”, nah bapak bisa tahu tuh sifat asli temen perjalanan bapak dan mereka juga bisa liat sifat asli bapak gimana haha. Alhamdulillahnya kita dikasih rukhsah atau keringan selama kondisi safar diantaranya:

  • Bapak boleh jamak sholat, jamak itu menggabungkan dua sholat dalam satu waktu (dhuzur sama ashar, magrib sama isya)
  • Bapak boleh qashar sholat, qashar itu meringkas sholat yang 4 rakaat jadi 2 rakaat aja (dzuhur, ashar dan isya)
  • Kalo susah dapet air bapak boleh tayyamum
  • Bapak boleh ga puasa di siang hari Ramadhan kalo emang safarnya sulit banget yaa dan harus diganti tuh puasanya

Kegiatan bernilai ibadah yang bisa dilakukan saat safar

Nah selain terdapat keringanan selama bapak dalam perjalanan ada juga kegiatan-kegiatan yang bisa dapat lakuin agar perjalanan bapak jadi bernilai ibadah diantaranya;

  • Dzikir, selama dalam perjalanan bapak bisa isi dengan dzikir-dzikir yang sudah diajarin Nabi kita, salah satunya kayak dzikir membaca “Subhannallah” ketika lewat jalan menurun dan membaca “Allahu kabar” pas lewat jalan mendaki.
  • Doa, perbanyak doa juga pak selama perjalanan karna salah satu doa yang manjur adalah doa seorang musafir. Wihhh mantep pak

Nah itu beberapa hal secara umum terkait safar, buat rincian penjelasan kayak dalil dan lain-lain bisa bapak cek di buku-buku fiqih ya pak, buat bacaan doa dan dzikir lainnya selama perjalanan karna banyak, bisa bapak cek buku saku kumpulan doa dan dzikir kayak Hisnul Muslim atau download apps nya juga ada pak. Semoga perjalanan bapak lancar dan bernilai ibadah juga yaa, aamiin, oiya terakhir salah satu adab safar adalah bawain oleh-oleh sebagai hadiah buat orang terkasih kalo ga memberatkan bapak, semoga bermanfaat.

 

Sumber : Kitab Fiqh Muyassar, buku saku Ibadah saat traveling karya ustadz M. Abduh Tuasikal.

Ditulis oleh:
HansYogi
Bacaan 3 menit
Dilihat :
338

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait