Hal yang Perlu Diperhatikan biar Adik Gak Masuk Jebakan Susah Kaya

Bacaan 2 menit

Kerja udah banting tulang, jungkir balik, sampe badan meriang kenapa adik gak kaya-kaya ya? Malah dapet capeknya doang. Pikiran begini pasti sering bener kelintas di otak kalo lagi capek-capeknya sama kerjaan. Tapi ternyata jaman sekarang emang dirancang buat ngejebak adik biar susah kaya, makanya perlu bener perhatiin beberapa hal ini.

FOMO

Istilah FOMO ini makin marak di kalangan generasi-generasi muda kayak adik sekarang, melihat kemajuan teknologi yang makin pesat ketimbang jaman dulu. Makanya saat ini adik makin mudah mengeluarkan uang untuk hal-hal yang sebenarnya gak penting-penting banget buat adik beli hanya karena sedang tren dan adik takut tertinggal tren tersebut. Hal ini juga yang bikin adik lebih konsumtif untuk membeli sesuatu dengan mudah tanpa pikir panjang ke depannya untuk apa, ditambah dengan pengaruh dari social media yang alus banget masuknya buat narik adik biar ikutin apa yang lagi happening.

Selain itu hal ini didukung juga dengan makin banyaknya inovasi quick spending hingga paylater yang memungkinkan adik untuk bisa beli barang-barang yang adik inginkan walopun uang adik belum ada. Ibaratnya makin canggih teknologi, makin banyak juga duit yang gampang dikeluarin tanpa pikir panjang. Kalo adik liat, jaman dulu orang harus dateng ke rumah-rumah buat nawarin dagangannya bahkan sampe harus ngadain demo dulu biar orang-orang bisa liat review dari produknya. Beda dengan jaman sekarang yang promo atau penawaran produknya bisa dikemas dalam video 2 menit aja. Makanya penting sekali buat adik melindungi keuangan adik dari hal-hal yang kayak begini.

Tau kapan ngerem

Kalo adik udah kepalang FOMO sama hal-hal yang seliweran di social media, coba buat belajar ngerem dari sekarang. Karena gak akan ada habisnya buat ngikutin tren yang tiap hari ada aja yang happening. Dengan adik tau kapan harus ngerem bikin adik lebih mengantisipasi keuangan adik di masa depan.

Ekonomi yang gak pasti

Teknologi yang canggih, kemudahan internet yang mumpuni, dan platform social media yang selalu up to date bikin adik jadi tau kejadian-kejadian di luar kawasan dan jangkauan adik. Misal, adik bisa tau kalo saat ini di negara lain sedang berlangsung perang tanpa harus datang ke sana. Nah, sadar atau nggak ini jadi berpengaruh sama keputusan-keputusan adik di semua aspek salah satunya financial. Padahal sebenarnya gak ada hubungannya sama kehidupan adik, tapi keputusan yang adik buat terpengaruh dengan hal tersebut.

Solusi yang bisa dilakukan adalah adik harus sadar diri terlebih dahulu. Mungkin nasehat dari orang tua yang hidup berbeda jaman sama adik udah gak terlalu bisa diaplikasiin sekarang, tapi coba deh buat lebih berusaha biar uang yang berhasil adik dapetin gak jadi sia-sia.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
83

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait